-->

Penyebab Kuda Tidak Bisa Gemuk Dan Cara Merawat Kuda Agar Cepat Gemuk

Dulu, ketika sarana transportasi belum semaju dan secanggih saat ini, hampir di setiap daerah selalu saja ada orang yang memelihara kuda. Meski bukan memelihara kuda sebagai ternak massal, kuda dipelihara dalam jumlah yang lebih sedikit untuk digunakan sebagai alat angkut / alat transportasi yang paling populer saat itu, yaitu dokar atau kereta kuda.

Meski sudah sangat jarang , namun di beberapa daerah tertentu, saat ini masih ada yang beternak atau memelihara kuda.
Masalah yang sering dijumpai ketika memelihara kuda adalah kondisi kuda yang susah gemuk.
Kuda tetap saja kurus meski telah diberi banyak pakan. Karena itu untuk mengatasi hal seperti ini kuda sebaiknya dilakukan pengkondisian untuk penggemukkan.
Sebab untuk menggemukkan kuda tidak bisa dilakukan secara seketika, melainkan harus melalui sebuah proses yang cukup panjang.

Penyebab kuda tidak bisa gemuk
Pada dasarnya kuda yang tidak bisa gemuk ( tetap saja kurus ) bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun penyebab utama kuda tidak bisa gemuk bisa digolongkan menjadi 2, yaitu :
1. Kesehatan gigi
Kesehatan gigi yang buruk juga bisa menjadi penyebab utama kuda tidak bisa gemuk. Sebab susah digunakan untuk mengunyah dan makan.
2. Parasit internal
Dalam hal ini yang paling sering adalah cacing. Kuda yang cacingan tentu saja sangat susah untuk bisa menjadi gemuk

Cara merawat kuda agar cepat gemuk :

- Periksa dan pastikan kesehatan gigi kuda
Kuda yang kondisi giginya tidak sehat akan menyebabkan pakan tidak bisa dikunyah dan dicerna secara sempurna. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan yang semestinya bisa diperoleh dari pakan yang dikonsumsinya menjadi hilang percuma. Karena itu mintalah agar dokter untuk memeriksa kesehatan gigi kuda. Gigi kuda yang tidak sehat harus segera diobati.
Gigi kuda semestinya bisa terus tumbuh sampai kuda berumur sekitar pertengahan dua puluhan.
Pada kuda yang tua maka akan muncul titik-titik kecil, kait dan gelombang pada arkade atas dan bawah dari mulutnya. Semakin tua, maka akan semakin banyak.
Adanya hal seperti ini juga dapat menjadikan kuda tidak bisa mengunyah pakannya secara baik.

- Periksa dan pastikan ada atau tidaknya cacing dalam tubuh kuda
Seandainya dalam pemeriksaan didapatkan positif terdapat cacing, maka harus segera diobati.
Adanya parasit cacing dalam tubuh kuda, akan menyerobot nutrisi yang dibutuhkannya, sehingga tubuhnya tetap saja kurus.

- Melakukan tes darah lengkap
Pada tahap tertentu mungkin diperlukan tes darah lengkap. Tujuannya untuk mengtahui apakah kuda mengalami kekurangan mineral penting. Dengan demikian dapat segera ditentukan untuk memberikan suplemen makanan yang dibutuhkan.
Selain itu, tes darah lengkap dapat digunakan untuk mengetahui apakah seluruh organ dalam tubuh kuda tersebut berfungsi dengan baik.

- Mencari dan menentukan pakan kuda yang baik

Pada dasarnya makanan pokok kuda adalah rumput. Namun dalam upaya penggemukan akan lebih baik jika diberikan juga asupan pakan berupa biji-bijian. Pemberian minyak sayur atau minyak jagung juga akan sangat membantu proses penggemukkan kuda ini.

Kuda yang tidak cukup asupan serat, juga bisa menyebabkan kuda tetap kurus. Namun terlalu banyak memberi asupan biji-bijian, sehingga kuda malah mengalami laminitis.
Kuda yang sehat rata-rata membutuhkan pakan sebanya 1,8 sampai 2% dari berat tubuhnya, sudah termasuk suplemen. Namun jika bermaksud untuk menggemukkan kuda jumlah pakan bisa ditambah menjadi 2,3 - 2,5%.
Idealnya, kuda dibiarkan merumput selama 3 – 4 jam per harinya di pagi hari. Pada malam harinya bisa diberi sekitar 9 kilogram jerami.

Selain itu jangan memberikan suplemen apa pun bila memang tidak dibutuhkan. Karena suplemen dalam jumlah besar – terutama yang mengandung selenium dan sulfur – dapat bersifat beracun dalam dosis yang besar.

- Menilai kondisi berat badan ideal kuda

Seperti laiknya manusia, berat badan kuda juga dapat dinilai besarannya. Dalam hal ini bisa dilakukan oleh dokter hewan. Penilaian kondisi berat badan kuda diniai dari angkai 0 sampai 9.
Semakin tinggi angkanya berarti kuda semakin gemuk atau obesitas, dan sebaliknya.
Nilai ideal dari berat tubuh kuda adalah 6. Kuda yang memiliki nilai berat tubuh di bawah 6 berarti akan semakin banyak pakan yang dibutuhkan.

Sapi yang ini luar biasa besar dan gemuknya :

You may like these posts

  1. thanks for your information, dont forget to visit airlangga university website https://www.unair.ac.id/2022/07/01/gejala-dan-penanganan-dehidrasi-pada-kuda/