Mengapa Tampilan Iklan Adsense Di Blogspot Tiba-Tiba Hilang ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Mengapa Tampilan Iklan Adsense Di Blogspot Tiba-Tiba Hilang ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Mengapa Tampilan Iklan Adsense Di Blogspot Tiba-Tiba Hilang ?


Beberapa waktu lalu ketika login ke akun adsense sempat sangat terkejut. Masalahnya pendapatan klik iklan adsense pada hari itu tiba-tiba drop, meluncur jatuh, hanya sebesar nol koma nol sekian saja.
Ada apa ?
Buru-buru mengechek pemberitahuan dari pihak adsense, kalau-kalau ada peringatan pelanggaran kebijakan dan atau pelanggaran web master lainnya, sehingga kok pendapatan hari itu turun drastis. Khawatirnya kalau terkena banned adsense.
Alhamdulillah ternyata tidak ada peringatan.
Tetapi mengapa pendapatan klik iklan hari itu tutun drastis ?
Maka langsung saja mengechek ke akun blogger.
Penyebabnya ketemu.
Tampilan iklan adsense di blogspot ternyata menghilang.
Ketika ditest dengan melakukan preview laman atau pra tinjau halaman, tampilan iklan adsense memang masih ada. Tetapi ketika halaman langsung dibuka ( view ), tayangan iklan adsense ternyata hilang semua. Ada apa ?
Mengapa Tampilan Iklan Adsense Di Blogspot Tiba-Tiba Hilang ?
Karena masih meraba-raba, akhirnya semua kode iklan adsense saya copot semua.
Untuk jaga-jaga seandainya blog ini dalam pemantauan pihak adsense karena satu dan lain hal. Termasuk kode iklan PPC lain selain Google Adsense.
Ditunggu satu dua hari, lalu kode iklan adsense dicoba dipasang kembali.
Hasilnya , Tampilan iklan adsense tetap tidak mau muncul !
Sampai sini, baru benar-benar bingung, Mengapa tampilan iklan Adsense di Blogspot tetap saja tidak mau muncul ?
Akhirnya terpaksa mencari apa penyebab yang sebenarnya.

Penyebab Tampilan Iklan Adsense Di Blogspot Tiba-Tiba Hilang


Setelah browsing kesana kemari akhirnya dapat juga beberapa informasi, mengapa iklan google adsense tetap tidak mau tampil. Penyebab tampilan iklan adsense di Blogspot tiba-tiba hilang ternyata akibat adanya pergantian domain, dari domain umum internasional ( com ) menjadi domain untuk negara Indonesia, dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id
Dan karena adanya penggantian domain ini – pihak blogger sendiri sepertinya tidak mengeluarkan pemberitahuan tentang hal ini – maka untuk sementara tampilan iklan adsense menjadi hilang. Karena adanya pengalihan tampilan laman.
Apa akibat dari penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id ?
Dari beberapa informasi yang didapat, penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id ini tepatnya terjadi pada tanggal 3 September lalu. Meski – konon – rumornya sudah muncul sejak tahun 2013 –an,
Lalu apa dampak dari penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id ini ?
entu saja banyak, sangat banyak.
Bagi publisher adsense yang paling kentara – dan paling “menyiksa” – adalah, karena iklan tidak mau tampil maka pendapatan tentu saja akan turun drastis.
Dan singkatnya akan berdampak pada turunnya trafik dan peringkat blog secara umum.
Dan lebih singkatnya lagi : para pengguna BLOGGER DIRUGIKAN dengan hal ini.
Apa buktinya bahwa hilangnya tampilan iklan google adsense ini akibat dari penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id, bukan karena penyebab yang lain.
Anda bisa membuktikan hal ini. Bahwa iklan adsense sebenarnya masih bisa tampil di domain blogspot.com, silahkan ketikan pada address bar, alamat yang berikut ini :
http://ISI DENGAN NAMA BLOG ANDA.blogspot.com/ncr
Dari situ bisa terlihat bahwa iklan adsense sebenarnya masih bisa tampil pada domain blogspot.com

Berapa lama iklan adsense bisa muncul kembali di blogspot.co.id ?


Ini masalahnya.
Dari beberapa informasi yang ada dapat disimpulkan BELUM ADA KEPASTIAN dan informasi valid kapan iklan google adsense bisa muncul kembali di domain blogspot.co.id
( Sampai hari ini, buktinya iklan google adsense memang belum mau tampil )

Untuk publisher adsense, bagaimana cara mengatasi adanya penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id


Sebagaimana dibahas di atas, bagi publisher adsense adanya penggantian domain blogspot ini tentu saja sangat merugikan. Sebab, tampilnya iklan adsense merupakan sumber penghasilannya. Ketika iklan tidak mau tampil maka itu artinya tidak ada penghasilan yang masuk ke akun adsense.
Untuk mengatasi penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id, secara sederhana dapat dilakukan dengan 2 cara :
1. Cara Pertama : Dengan mengganti domain blogspot.co.id dengan top level domain
Tetapi hal ini tentu saja, tidak hanya butuh waktu tetapi juga butuh biaya... ( ...berat bagi blogger bokek macam admin blog ini ).
2. Cara Kedua : Dengan mengalihkan laman ( redirect ).
Cara yang kedua ini sangat simple, karena hilangnya tampilan iklan adsense ini disebabkan oleh penggantian domain blogspot.com ke blogspot.co.id, maka untuk menampilkan iklan kembali, halaman blogspot.co.id yang anda punyai saat ini harus dialihkan ( di redirect ) kembali ke domain blogspot.com.
Caranya adalah :
- Buka akun blogger anda
- Masuk template, masuk HTML
- Cari kode <head>
- Ketikkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <head>
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
Atau bisa juga dengan kode di bawah ini :
<script type="text/javascript"> var blog = document.location.hostname.split("."); if (blog[blog.length - 1] != "com") { var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr"; window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>
- Lalu klik SAVE
Sekarang lihat tampilannya.
Dari yang telah dicoba, hasilnya, dengan menempatkan kode tersebut akan bisa mengembalikan tampilan iklan adsnese yang hilang. Selesai ? Belum.

Apa akibat dari pemasangan kode redirect ke blogspot.com ?


Pada TOS google adsense disebutkan tentang beberapa hal yang dianggap pelanggaran. Salah satunya adalah redirect halaman. Yaitu mengalihkan satu halaman tertentu kepada halaman tertentu lainnya yang tidak ada hubungannya sama sekali.
Bagaimana dengan pengalihan halaman / redirect di atas ?
Melanggarkah ?
Pengalihan halaman ( redirect ) di atas, sebenarnya merupakan pengalihan halaman ke halaman yang sama, yang beda “hanya” domainnya. Masalah melanggar atau tidak , sampai artikel ini ditulis admin sebenarnya belum bisa memastikan hal ini.
Namun – konon – para blogger India telah (berani) melakukan hal seperti ini.
Dan saat inipun admin telah mencobanya. Namun itu semua tergantung anda.
Atau anda mungkin memiliki cara yang lebih jitu lainnya.
Mohon jangan ragu untuk dibagi disini.
Terima kasih sebelumnya.

Lihat juga "nasib" para publisher adsense :
> Ratio dan nilai klik iklan adsense awal tahun ini turun drastic. Bagaimana prospek publisher adsense di masa mendatang ?

Share this:

Disqus Comments