-->

Cara Mudah Menyemai Bunga Adenium Atau Kamboja Jepang Dari Biji

Dulu, sewaktu bunga Adenium menjadi trend dan booming, tanaman yang berbatang dan berbunga yang berwarna menawan ini sampai diburu.
Bahkan sampai ada “bakul bunga” yang khusus keluar masuk kampung untuk mencari dan membeli bunga Adenium rumahan.
Tentu saja untuk dijual lagi, karena waktu itu harganya melambung.

Sampai saat ini bunga Adenium atau bunga Kamboja Jepang sebenarnya masih cukup digemari, hanya saja memang tidak seheboh sebelumnya.
Dengan tampilannya yang eksotis, bunga Adenium memang cocok dipajang di mana saja.
Ukuran besar bisa ditanam di pekarangan rumah, sedang untuk ukuran yang kecil atau bonsai bisa dipajang di sekitar teras atau taman.

Untuk mendapatkan bunga Adenium sebenarnya juga sangat mudah.
Di kios-kios penjual bunga, sampai saat ini masih memiliki stock bunga Adenium yang melimpah. Tinggal rogoh kocek, bisa dapat bunga Adenium yang disukai.
Hanya saja, harganya memang masih cukup mahal untuk Adenium yang sudah jadi dan memiliki tampilan eksotis.


Karena itulah, beberapa orang lebih suka untuk menyemai bunga Adenium sendiri. Sebab selain lebih ekonomis, tampilan dari bunga Adenium, nantinya bisa “dibentuk” sesuka hati.
Terlebih lagi untuk menyemai bunga Adenium juga sangat mudah. Cukup hanya dengan menancapkan batang, bunga Adenium sudah bisa tumbuh.

Namun untuk mendapatkan bunga Adenium yang lebih bagus dan bermutu, cara “tancap batang” ini kurang disukai, sebab hasilnya kurang siiip.
Untuk tujuan ini biasanya digunakan cara semai biji.
Sebab dengan cara menyemai biji memang memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bunga Adenium yang nantinya didapatkan batang bagian bawahnya bisa tumbuh “gendut” dan menyerupai lekuk sebuah botol.

Nah jika anda kebetulan menginginkan bunga Adenium yang memiliki bunga Adenium yang berpenampilan siiip dan eksotis melalui penyemaian biji, berikut Cara Mudah Menyemai Bunga Adenium Atau kamboja Jepang Dari Biji.


● Untuk biji bunga Adenium bisa diperoleh dari buah Adenium yang sudah tua.
Biasanya pada setiap satu batang buah bisa terdapat puluhan biji, dimana pada ujung biji ditandai dengan bulu – bulu halus. Dan biasanya pula, buah Adenium yang sudah tua akan terbelah sendiri.
Kemudian biji yang ada didalamnya akan berterbangan.
Untuk mencegah hal tersebut, petik buahnya di saat sudah kelihatan tua , yang bisa di bedakan dengan kulit biji yang mulai terbelah.
Namun jika tidak memiliki bunga Adenium indukan, biji bunga Adenium ini bisa dibeli.

● Petik biji Adenium yang sudah matang
Belah biji Adenium dengan tangan, jangan menggunakan pisau, untuk menjaga agar bijinya jangan terbelah oleh pisau. Lalu cabuti bulu – bulu halus yang terdapat pada ujung biji, dan jemur dibawah sinar matahari selama 1 sampai 2 Jam.

Cara ini berlaku untuk biji adenium yang diambil dari pohon, sedangkan jika bijinya beli, tidak usah dijemur karena umumnya sudah bersih dan kering


● Seteah dijemur, rendam biji tersebut dalam air hangat – hangat kuku kurang lebih sekitar 30 menit.

● Siapkan media dalam pot yang bagian bawahnya ada lubang-lubangnya.
Media yang bisa digunakan adalah campuran arang sekam dan abu gosok dengan perbandingan 1 : 1. Isi pot dengan media, kira – kira sebanyak ½ dari pot tersebut.

● Tancapkan biji Adenium pada posisi berdiri, dengan jarak sebaran kurang lebih sekitar 2 cm.

● Setelah biji ditancapkan, tutup dengan media kira – kira setebal 1 cm.

● Lakukan penyiraman media semai tersebut dengan menggunakan semprot spray yang halus dan pelan.

● Tempat media semai di lokasi yang teduh, siram 1 kali setiap hari dengan menggunakan spray. Bisa juga ditutup dengan menggunakan pelastik.

● Biasanya biji Adenium ini akan tumbuh tunas dalam waktu kurang lebih 1 minggu.


● Jika pada media semai sudah mulai tumbuh tunas dan muncul daun, ( penutup plastik bisa dibuka – jika digunakan penutup plastik ).

● Setelah tinggi bibit Adenium sekitar 5 cm dan atau sudah keluar daun sebanyak 4 - 5 lembar, pindahkan bibit ke dalam pot kecil dengan ukuran sekitar 10 cm atau boleh juga digunakan gelas air mineral bekas, yang sudah dilubangi bagian bawahnya.

● Tempatkan bibitan bunga Adenium di lokasi yang agak panas atau mendapatkan cukup sinar matahari, selama 3 sampai 4 jam setiap harinya,

● Lakukan hal ini sampai bibitan Adenium tumbuh besar dan cukup kuat. Baru setelah itu pindahkan ke pot atau media tanam yang lebih besar lagi.

Bagaimana mudah, kan ?

Cara menyemai Bunga Adenium Atau kamboja Jepang dari biji.

SEtelah tumbuh agar subur, simak ini :

You may like these posts