-->

Irena Puella, Si Cantik Yang Suka Berkicau Ini Masuk Dalam Status Konservasi

Jika berbicara tentang pohon gadung, hampir semua orang telah mengenalnya. Setidaknya pernah mendengar namanya. Demikian pula dengan ular gadung. Ular kecil panjang yang berwarna hijau ini sudah begitu jamak diketahui. Apalagi jika berbicara tentang gadungan, pasti semua orang telah mengetahuinya. Sebab akhir-akhir ini memang marak bermunculan segala sesuatu yang gadungan alias aspal, asli tapi palsu.

Tetapi jika berbicara tentang Kacembang Gadung, belum tentu orang mengenalnya. Bahkan bagi yang suka dan hobi memelihara burung-burung kicauan. Sebab meski Kacembang gadung ini termasuk salah satu burung pengicau, belum banyak penghobi burung yang memelihara dan membudidayakannya.

Memang, burung yang memiliki nama latin yang sangat indah ini - Irena Puella – boleh dikatakan masih cukup langka, sehingga masuk dalam status konservasi.
Padahal burung Kacembang Gadung ini sebenarnya wilayah penyebaran habitatnya cukup luas, terutama di wilayah benua Asia.

Habitat burung pengicau yang memiliki warna bulu cukup indah ini dapat diketemukan mulai dari Bangladesh, India, Nepal, pulau Andaman, pulau Nicobar, Republik Rakyat Tiongkok, Indocina, Thailand, Myanmar, semenanjung Melayu, Singapura, pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan sampai di pulau Palawan di Filipina.

Dimana, burung Kacembang Gadung dapat ditemukan hidup di hutan-hutan tropis, di perbukitan, juga perkebunan.

Burung Kacembang gadung sendiri terdiri dari 6 subspesies.
Klasifikasi ilimiah lengkapnya adalah sebagai berikut :
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Irenidae
Genus: Irena
Spesies: I. puella Burung

img src : wikipedia

Kacembang Gadung ini termasuk burung pengicau dengan ukuran tubuh sedang, panjangnya hanya sekitar 27cm. Antara burung jantan dan burung betina dapat dengan mudah dibedakan. Burung jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada betina


Kemudian pada bulu burung Kacembang gadung jantan dewasa mempunyai bulu yang berwarna biru tua gemerlap. Bulu di bagian sisi bawah dan sayap berwarna hitam. Matanya berwarna merah.

Sedangkan pada burung Kacembang Gadung betina memiliki bulu yang berwarna hijau kebiruan, dengan ekor dan sayap berwarna kehitaman. Burung Kacembang gadung muda umumnya mempunyai warna bulu seperti betina dengan sayap yang berwarna kecoklatan.

Makanan burung Kacembang gadung umumnya berupa aneka buah-buahan, ficus, serta berbagai jenis serangga. Untuk menyambung keturunannya, burung Kacembang Gadung betina biasanya akan bertelur dan menetaskan 2 sampai 3 butir telur di dalam sarangnya yang berbentuk unik.
Yaitu bentuk cangkir kecil yang diletakkannya di atas pohon yang cukup tinggi.

Lihat juga :

You may like these posts