Inilah Beberapa Jenis Batu Yang Sangat Elok Namun Pantang Dikoleksi

Inilah Beberapa Jenis Batu Yang Sangat Elok Namun Pantang Dikoleksi

Ketika fenomena batu akik ( dan batu permata ) meledak dan menjadi “wabah” di Indonesia, hampir semua lapisan masyarakat kemudian “berburu” batu.
Bahkan yang keterlaluan, batu-batu di taman umum atau bahkan di pekuburan-pun dicongkel dan diambilnya. Tujuannya hanya satu, bisa mendapatkan batu akik indah yang menjadi idamannya. Syukur-syukur jika dapat batu indah kelas permata.

Meski batu-batu yang terlihat indah memang memikat dan menjadi idaman, namun hati-hati.
Sebab ada juga batu-batu yang secara visual sangat indah namun ternyata sangat berbahaya. Berbahaya, bukan karena adanya “khodam yang nakal” di dalamnya, namun batu-batu indah tersebut mengandung bahan beracun yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, jika anda termasuk salah seorang pecinta batu akik atau batu permata, inilah beberapa jenis batu indah yang harus dijauhi dan pantang dikoleksi, karena berbahaya :

Batu Arsenopyrite


Yang namanya batu arsenopyrite ini memang sangat memikat, sebab secara visual memang sangat mirip dengan emas. Bedanya, batu Arsenopyrite berbau seperti bau bawang putih ketika dipotong atau dipanaskan. Bagi yang pernah belajar ilmu Kimia, dari namanya saja tentu akan tahu jika batu ini pastinya mengandung bahan yang berbahaya, yaitu ada Arsen-nya. Arsen adalah salah satu racun yang paling kuat. Dan batu indah ini memang mengandung senyawa Arsenik Sulfida.
Bila sampai senyawa ini masuk ke dalam tubuh, akibatnya fatal, kematian. Sekurangnya senyawa yang terkandung dalam batu ini dapat memicu timbulnya kanker.
Karena itu jika menemukan batu dengan kristal mirip emas, hati-hati. Jangan buru-buru menyentuh dan mengambilnya. Coba pukul dengan batu lainnya atau palu. Jika berbau seperti bawang putih.
Segera jauhi sebab itu adalah batu arsenopyrite yang berbahaya.

Batu Orpiment


Batu Orpiment sama berbahayanya dengan batu Arsenopyrite, sebab sama-sama mengandung Arsen yang bercampur dengan Sulfur yang sangat reaktif di dalamnya.Dan juga mengeluarkan bau seperti bawang putih yang sangat kuat. Ketika debu batu ini terkena sinar matahari akan menjadi sangat beracun. Karena itu jangan sekali-kali memotongnya.
Batu dengan kristal yang berwarna memikat ini dapat menyebabkan kanker dan meracuni syaraf. Bahkan konon, bangsa China telah menggosokkan mata panahnya pada batu ini untuk membunuh musuhnya.

Batu Torbernite


Meski batu Torbernite ini memiliki warna hijau yang memikat layaknya batu Jamrud, namun batu ini disebut juga sebagai kristal dari neraka. Kristal berbentuk prisma dari Torbernite ini bisa menyebabkan kanker paru-paru ketika terhirup uapnya.
Batu Torbernite sendiri terbentuk dari uranium, dari reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air, dan uranium. Jadi meski memiliki kristal dengan warna yang memikat sebaiknya hindari Batu Torbernite ini.

Batu Cinnabar


Kata Cinnabar sendiri berarti ‘darah naga’. Sebab batu ini memiliki kristal dengan warna merah yang cantik memikat. Namun semakin merah semakin berbahaya. Sebab di dalam batu ini terkandung Mercury Sulfide. Kandungan Merkuri dari Kristal batu cinnabar ini dapat menyebabkan tremor, tubuh bergetar, mati rasa, bahkan kematian apabila tidak mendapatkan penanganan secara benar.
Kabarnya di tahun 1700, narapidana yang dikirim ke pertambangan batu Cinnabar itu berarti hukuman mati bagi mereka. Batu Cinnabar sendiri biasanya terbentuk di lokasi dekat gunung berapi

Batu Galena


Batuan indah berkilau seperti perak yang berbentuk kubus ini juga berbahaya. Sebab dalam Galena terkandung Sulfur yang sangat reaktif.
Debu timbal yang ada pada galena,bila sampai terhirup bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian.

Batu Stibnite


Batu indah ini warnanya mirip dengan Galena, berwarna perak dan bersinar laiknya logam. Hanya bentuk kristalnya yang berbeda.
Di dalam Batu Stibnite terkandung senyawa yang tidak stabil dan bisa menyebabkan keracunan.

Batu Chalcanthite


Bila melihat eloknya warna biru yang luar biasa dari kristal Batu Chalcanthite ini pasti tergoda untuk memiliki dan mengoleksinya. Namun jangan salah Chalcanthite ini juga termasuk batu yang beracun dan berbahaya bagi tubuh.

Dan seperti ini cara terbaik memilih batu berharga :

Share this:

Disqus Comments