-->

4 Tipe Manusia Menurut Kaum Sufi

Dalam ilmu Psikologi, terdapat cabang ilmu yang mempelajari berbagai tipe manusia. Dimana dengan mempelajari dan mengenal beberapa tipe manusia dapat membantu seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Baik di rumah, sekolah ataupun di tempat kerja.

Mengenal tipe-tipe manusia juga akan membantu seseorang untuk melakukan instropeksi dan membenahi diri. Berbeda dengan ilmu psikologi, para membagi manusia menjadi 4 tipe.


Dan pembagian tipe manusia menurut kaum sufi ini terbilang cukup unik. Sebab tahu sendiri kan, kaum sufi ini merupakan segolongan orang yang lebih mementingkan untuk mencari dan menempuh “jalan yang lurus dan bersih” untuk kembali kepada Sang pencipta.

Lalu apa saja 4 tipe manusia menurut kaum Sufi ?

Ini dia :


1. Tipe Pertama
Yaitu orang yang tidak tahu, dan tahu bahwa dia tidak tahu.
...He..he..agak bingung, makanya simak penjelasannya dan simak terus tipe lainnya agar nyambung.
Manusia pada tipe ini adalah orang yang bodoh sederhana dan dapat dengan mudah diobati dengan pendidikan dan pengajaran.

2. Tipe Kedua
Yaitu Orang yang tahu, dan tidak tahu bahwa ia tahu.
Kaum sufi mengibaratkan, orang yang seperti ini layaknya orang yang sedang tertidur. Karena itu, orang seperti ini harus dibangunkan dan disadarkan akan kelebihannya, yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri dan atau untuk orang lainnya.

3. Tipe Ketiga
Yaitu orang yang tahu, dan tahu bahwa dia tahu.
Orang tipe ketiga ini termasuk golongan orang yang bijaksana. Sebab dia tahu kelebihannya dan tahu pula cara memanfaatkannya. Karena itu orang tipe ini layak diikuti dan dimintai pendapatnya.

4. Tipe Keempat
Yaitu Orang yang tidak tahu dan tidak tahu bahwa dia tidak tahu.
Ini tipe orang yang paling parah. Sebab ibaratnya bodoh kuadrat.
Sebab selain bodoh, parahnya dia tidak tahu tentang kebodohannya sendiri. Akan sangat sulit untuk mengobati orang yang seperti ini.
Sebab pangkal dari segala “penyakitnya” adalah tidak tahu diri.

Itulah 4 Tipe Manusia Menurut Kaum Sufi.

Nah sekarang, anda masuk tipe yang mana ? Semoga saja masuk ke dalam tipe yang ketiga, bukannya masuk ke dalam tipe yang keempat.

Kalau yang ini sih agak bersebrangan, type wanita yang suka jilbooob :

You may like these posts