Inilah Produk Elektronik BM Yang Paling Laris Di Pasaran

Inilah Produk Elektronik BM Yang Paling Laris Di Pasaran

Di pasaran, selain istilah produk “KW” dikenal juga istilah produk “BM”.
Istilah produk “KW” mengacu kepada sebuah produk yang merupakan “tembakan” dari produk aslinya. Jadi merupakan produk ASPAL, asli tapi palsu. Dimana semakin besar angka KW nya, makin jelek kualitasnya, dan makin murah harganya.
Sedangkan istilah produk “BM” mengacu kepada produk-produk yang masuk ke suatu negara melalui “jalan belakang” alias kucing-kucingan, supaya terbebas dari bea pajak. Sehingga produk semacam ini disebut produk import gelap, produk bebas pajak atau produk Black Market ( BM ).

Dari segi kualitas produk-produk BM umumnya jauh lebih bagus dari produk KW ( karena memang asli ). Namun dari segi harga keduanya bisa bersaing.
Produk KW paling umum ditemukan pada barang-barang atau spare part otomotif.
Sedangkan untuk produk BM yang paling umum adalah produk-produk elektronik.

Meski sebenarnya produk BM ini melanggar hukum, namun faktanya tetap diminati konsumen.
Sebab dengan harga yang jauh lebih murah – bahkan super murah - , mereka bisa memperoleh produk luar negeri dengan kualitas asli. Lalu produk elektronik BM ( black market ) apa yang paling laris ?

Di pasaran, produk Elektronik BM ( Black Market ) yang paling laris antara lain :



1. Produk smartphone dan tablet
Menurut catatan, Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya paling banyak menggunakan smartphone. Namun – mungkin tipikal penduduknya – ingin produk yang berkualitas namun dengan harga yang murah.
Karena itu smartphone dan tablet BM selalu menjadi produk yang paling laris di pasar gelap. Terutama produk smartphone dan tablet yang bermerk.
Bahkan ada juga produk BM dari jenis ini bergaransi, yang dalam hal ini bisa dilihat dari logo atau hologramnya.

2. Produk notebook, laptop dan aksesoris pc lain nya
Mirip dengan produk smartphone dan tablet, barang elektronik lain yang termasuk laris adalah perangkat komputer BM, Baik berupa pc, notebook, laptop atau aksesories lainnya.
Produk ini biasanya didatangkan dari Singapore ( bekas ) dan produk bergaransi dari negeri Malaysia.
Untuk notebook yang paling banyak adalah dari Malaysia.
Produk notebook, laptop dan aksesoris pc lain nya ini dengan merk dan kualitas yang sama harganya jauh lebih murah, bisa hampir separo dari produk resmi yang dijual di pasaran.

3. Produk kamera digital
Meski saat ini pada hampir semua produk Hp terlebih smartphone telah dilengkapi dengan kamera bawaan, namun produk kamera masih merupakan produk yang laris di pasaran ( BM ). Terutama kamera digital untuk kelas atas. Dengan kualitas yang prima harganya bisa cuma setengahnya saja dari harga jual resminya.

Lihat juga produk TV yang unik dan canggih ini :

Share this:

Disqus Comments