-->

Mengenal Kucing Anggora, Kucing Mewah Bermata Aneh Dari Turki

Sampai saat ini kucing Anggora masih merupakan salah satu binatang “klangenan” , binatang kesukaan untuk dipelihara. Sebab dibandingkan dengan kucing-kucing lainnya, kucing Anggora memang memiliki kekhasan dan kelebihan tersendiri.
Dan karena hal itu pula, kucing Anggora sering kali dijadikan binatang peliharaan yang prestisius.

Orang akan merasa eksklusif dan bangga ketika memiliki dan memelihara binatang yang aslinya dari negara Turki ini. Karena itu kucing anggora ini sering dianggap sebagai kucing mewah.


Dan bila ditelusuri lebih jauh, kucing Anggora atau kucing Senggora Turki ini memang berasal dari Ankara ( dulunya bernama Anggora ) Turki.
Salah satu ke-khasan utama dari kucing Anggora ini adalah memiliki ekor yang panjang dan bulu yang sangat lembut. Selain itu kucing Anggora dikenal sebagai kucing yang energik, suka bermain, lagi penurut kepada tuannya.
Karena ke khasannya ini pula, kucing Anggora merupakan salah satu binatang peliharaan yang paling favorit dan paling digemari.
Sehingga sejak abad ke 17, kucing Anggora ini telah dibiakkan sebagai binatang piaraan.

Berdasarkan dari warna bulunya, kucing Anggora dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu :

- bulu kucing Anggora warna putih mata kuning emas
- bulu kucing Anggora warna tabby tutul hitam perak
- bulu kucing Anggora warna asap biru
- bulu kucing Anggora warna tortoiseshell hitam asap
- bulu kucing Anggora warna torbie hitam dan putih, anggora hitam
- bulu kucing Anggora warna torbie krem biru dan putih
- bulu kucing Anggora warna tabby bercak cokelat.

Jenis warna dari bulu kucing Anggora di atas telah diakui oleh Fedaration International Feline (FIFE). Yaitu sebuah lembaga pendaftaran serta pengakuan ras kucing, serta Livre Officiel des Origines Félines (LOOF).


Namun selain warna di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis warna kucing Anggora lainnya yang belum diakui, misalnya :
- bulu kucing Anggora warna lillac
- bulu kucing Anggora warna kayu manis
- bulu kucing Anggora warna point
- bulu kucing Anggora warna cokelat
- bulu kucing Anggora warna sepia
- bulu kucing Anggora dan warna mink.

img src : wikipedia

Selain memiliki ciri yang khas pada bulu dan ekornya, ciri lain dari kucing anggora antara lain memiliki badan dengan ukuran sedang dan langsing dengan gaya gemulai dan anggun.
Kaki dan ekornya panjang. Ekor berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang. Sedangkan bentuk kepala kucing Anggora seperti segi tiga dengan telinga lebar dan lancip.

Dari sekian banyak jenis kucing Anggora seperti di atas, warna kucing angora yang dianggap bagus dan yang paling disukai adalah kucing anggora yang berwarna putih yang memiliki ciri khas pada matanya.
Yaitu yang memiliki mata bewarna biru untuk sebelah kanan, dan berwarna kuning untuk mata yang sebelah kiri. Kucing Anggora yang memiliki warna mata seperti ini disebut sebagai odd-eyed atau kucing Anggora bermata aneh.

Lihat juga :

You may like these posts