-->

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1436 H Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Puasa ramadhan 1436 H atau 2015 M tinggal beberapa hari lagi.
Meski awal mulai puasa bulan Ramadhan 1436 H saat ini belum ditetapkan secara resmi oleh pemerintah, atau 1 ramadhan 1436 jatuh tanggal berapa, namun diperkirakan 1 Ramadhan 1436 akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2015 atau 18 Juni 2015.
Namun yang jelas sangat diharapkan adalah tidak terjadi perbedaan tentang awal mulai bulan puasa bulan Ramadhan 1436 H. Sehingga semua umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa secara bersamaan dan merayakan hari raya Iedul Fitri 1436 H juga bareng-bareng.

Untuk saat ini Kementrian Agama Republik Indonesia sebenarnya telah mengeluarkan jadwal Imsakiyah untuk puasa Ramadhan 1436 H untuk seluruh wilayah di Indonesia. Namun karena jatuhnya awal puasa belum ditetapkan dengan pasti, maka jadwal imsakiyah yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia ini masih menggunakan penanggalan Hijriyah, yaitu dengan mencantumkan tanggal 1 Ramadhan.

Dan sebagaimana diketahui, karena Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah pembagian waktu, yaitu Waktu Indonesia Bagian Timur ( WIT ), Waktu Indonesia Bagian Tengah ( WITA ) dan Waktu Indonesia Bagian Barat ( WIB ) maka jadwal Imsakiyah di masing-masing daerah juga akan berbeda.

Namun untuk mengetahui jadwal Imsakiyah untuk puasa Ramadhan 1436 H untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan cepat dapat dilakukan dengan mudah.
Caranya yaitu dengan mengakses laman resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang menyajikan jadwal imsakiyah ini.

Untuk mengaksesnya, silahkan masuk pada alamat berikut ini : http://simbi.kemenag.go.id/sihat/jadwal-imsakiyah
Tampilannya akan seperti ini :


Akan tersedia 3 kolom isian.
Pada kolom yang tersedia silahkan ketikkan propinsi dan daerah yang dimaksud.Kemudian klik : tampilkan Jadwal Imsakiyah
Maka dalam sekejap akan ditampilkan jadwal imsakiyah dari wilayah atau kota bersangkutan.
Dari tampilan jadwal imsakiyah tersebut juga dapat dibuka dalam 3 format, yaitu :
- Format HTML
- Format Excel
- Dan Format PDF

You may like these posts