Gila, Masak Manusia Modern – Homo Sapiens - Pernah Kawin Dengan Manusia Purba !

Gila, Masak Manusia Modern – Homo Sapiens - Pernah Kawin Dengan Manusia Purba !


Manusia percaya – terutama yang berpedoman kepada agama – bahwa manusia modern – Homo Sapiens – merupakan jenis dan ras manusia tersendiri. Yang berbeda dengan manusia purba dan atau mahluk yang dianggap cerdas lainnya. 
Meski teori Darwin mengatakan bahwa manusia modern pada dasarnya merupakan hasil evolusi dari mahluk-mahluk lain sebelumnya. 
Namun belakangan ini para ahli justru menganggap bahwa teori evolusi Darwin ini memiliki banyak kelemahan dan cacat – terutama pada “missing link”. 
Sehingga teori evolusi ini mulai dipertanyakan keabsahannya. 

Ada lagi teori yang tidak kalah gilanya, yang mengatakan bahwa manusia modern – Homo Sapiens – ditengarai pernah kawin silang dengan manusia purba, manusia Neanderthal
Namun, lagi-lagi teori gila ini gugur dan terpatahkan. 

Sebuah temuan baru terhadap fosil manusia Neanderthal telah meragukan teori yang menyebutkan bahwa nenek moyang manusia modern telah melakukan perkawinan silang dengan manusia Neanderthal selama ribuan tahun di atas. Para ilmuwan dikabarkan telah meneliti usia fosil manusia Neanderthal di 2 buah lokasi di negara Spanyol bagian selatan. 

Dari hasil penelitiannya, para ilmuwan menyimpulkan bahwa manusia Neanderthal jauh lebih tua dari yang pernah diperkirakan sebelumnya. 
Dengan kata lain yang lebih sederhana, para ilmuwan mengatakan bahwa adalah tidak mungkin jika manusia Neanderthal dan manusia modern pernah hidup bersama di wilayah tersebut, sebagaimana dikutip dari laporan wartawan sains kantor berita AP, John von Radowitz. 

manusia neanderthal
img src : bbc indonesia

Para peneliti menyimpulkan bahwa sebelum kedatangan Homo sapiens (manusia modern) yang pertama, kemungkinan besar manusia Neanderthal telah lama meninggalkan kawasan tersebut. Sejak tahun 1990-an, para ahli memang percaya bahwa manusia Neanderthal terakhir telah mengungsi di Semenanjung Spanyol dan akhirnya punah sekitar 30.000 tahun yang lalu. 

Sebelumnya, sebagian ahli yakin jejak DNA Neanderthal dapat ditemukan pada manusia modern yang hidup saat ini, terutama orang Eropa. 
Teori yang mengatakan bahwa manusia modern pernah kawin dengan manusia purba Neanderthal didasarkan pada sejumlah analisa selama ini yang menyebutkan bahwa sebagian DNA manusia Neanderthal telah bercampur manusia modern melalui perkawinan. 
Hal ini didasarkan hipotesa bahwa manusia modern menguasai kawasan yang ditempati orang-orang Neanderthal 10.000 tahun sebelumnya. 
Beberapa ahli percaya bahwa tautan genetik antara manusia modern dan manusia purba ini terjadi karena manusia Neanderthal dan manusia modern memiliki nenek moyang yang barangkali telah tinggal di Afrika Utara. 
Keduanya diduga pindah ke Eurasia dari Afrika, tetapi pada waktu yang berbeda. 

 Namun berdasarkan hasil penelitian terbaru, yang menggunakan metode penanggalan, menunjukkan bahwa manusia Neanderthal menguasai Spanyol hanya berlangsung sampai sekitar 45.000 sampai 50.000 tahun lalu. 

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments