Cara Menghilangkan Karat Pada Lapisan Krom Dengan Menggunakan Aluminium Foil

Cara Menghilangkan Karat Pada Lapisan Krom Dengan Menggunakan Aluminium Foil

Pelapisan Krom ( Chromium ) pada permukaan logam biasanya dilakukan untuk mempercantik dan menambah niai artistik dari tampilan logam tersebut. Karena itu proses pelapisan Krom sering diaplikasikan pada modifikasi otomotif.

Juga pada peralatan rumah, misalnya pada pagar, tangga dan sebagainya.

Namun sebagaimana dengan logam-logam lainnya, karena beberapa sebab logam yang telah dilapisi dengan Krom, juga dapat mengalami perkaratan.
Dan ketika hal ini terjadi, lapisan karat tidak hanya muncul di bawah lapisan, juga bisa timbul sampai lapisan atas Krom.
Adanya karat ini tentu saja menjadikan tampilan logam yang dilapis Krom menjadi kurang menarik. Karena itu karat harus dihilangkan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan munculnya karat pada logam yang telah dilapsi Krom. Salah satu cara untuk menghilangkan karat pada logam yang dilapis Krom adalah dengan menggunakan Aluminium Foil. Selain mudah didapat bahannya, cara ini juga mudah dilakukan.

Berikut Cara Menghilangkan Karat Pada Lapisan Krom Dengan Menggunakan Aluminium Foil



- Bagaimana Aluminium foil bisa menghilangkan karat ?
Secara kimiawi, Aluminium akan bereaksi dengan karat menghasilkan material yang mudah diseka atau digosok hingga mudah lepas.
Karena aluminium lebih lembut dari logam lain, maka material ini tidak akan menimbulkan lecet atau baret pada permukaan kromium atau logam di bawahnya
- Bersihkan lapisan logan yag dilapis dengan krom.
Sebagai langkah awal, bersihkan kotoran yang menemmpel pada permukaan logam dengan menggunakan air sabun, atau sabun cuci mobil. Hal ini untuk mempermudah untuk mencari dan menentukan area yang berkarat dengan lebih mudah.
- Jika permukaan yang berkarat ternyata sangat kotor atau parah karatnya, bisa digunakan cuka atau asam lembut lainnya terlebih dulu.
Jangan menggerinda atau amplas, sebab malah akan merusak.


- Setelah itu, gosok area yang berkarat tadi dengan aluminium foil. Lakukan gerakan maju mundur, namun tidak perlu terlalu ditekan, secukupnya saja.
Jika permukaan karat cukup tebal, memang butuh waktu penggosokan yang lebih lama.
- Setiap kali aluminium foil mulai mengering, masukkan ke dalam air. Lakukan secara berulang.
- Bila permukaan yang berkarat cukup sulit dan berlekuk, sebaiknya potong aluminium foil sehingga ukurannya sesuai untuk mempermudah penggosokan.
- Setelah menggosok beberapa lama, pada permukaan aluminium foil biasanya akan tertempel kotoran yang cukup tebal. Karena itu agar sering dibersihkan sebelum digunakan kembali.
Demikian juga pada permukaan logamnya.
- Setelah penggosokan dengan Aluminium Foil telah tuntas menghilangkan karat, maka segera bilas permukaan logam yang dilapis kromium hingga benar-benar bersih.
- Setelah itu, seka dengan lap hingga benar-benar kering.
Penggunaan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan, sangat disarankan.

Itulah langkah-langkah dan Cara Menghilangkan Karat Pada Lapisan Krom Dengan Menggunakan Aluminium Foil.


Sedikit Tips :

Untuk mengembalikan kembali kilap lapisan krom, setelah tahap akhir, bisa digunakan amplas duco ukuran kekasaran 1200 atau yang lebih tinggi lagi. Kemudian disemprot dengan cat perak yang khusus untuk aplikasi otomotif.

Lihat juga :

Share this:

Disqus Comments