Cara Cepat Dan Mudah Membedakan Jenis Plastik Berdasarkan Warna Nyala Apinya

Cara Cepat Dan Mudah Membedakan Jenis Plastik Berdasarkan Warna Nyala Apinya

Bagi kebanyakan orang mungkin tidak perlu repot harus mengetahui bagaimana caranya untuk membedakan berbagai jenis plastik.

Tetapi lain halnya jika karena bisnis atau pekerjaannya, dituntut harus mengetahui perbedaan berbagai jenis plastic.
Misalnya pada pekerjaan atau usaha kecil rumahan yang saat ini mulai banyak digeluti masyarakat, seperti pengepul sampah plastik, pengrajin berbahan sampah plastik dan sebagainya.
Lihat juga :

Dengan mengetahui jenis plastik yang dikepul dan atau diolah maka akan dapat menaksir berapa besar harganya dengan lebih akurat. Sebenarnya ada begitu banyak perbedaan berbagai jenis plastik.
Salah satu cara untuk membedakan berbagai jenis plastik dengan cepat dan mudah adalah dengan melihat warna nyala apinya.
Sebab sebagaimana diketahui tiap-tiap jenis plastik tersusun oleh bahan dasar yang berbeda.
Perbedaan bahan penyusun inilah yang nantinya akan memberikan perbedaan warna ketika plastik dibakar di atas nyala api.

Cara cepat dan mudah untuk membedakan berbagi jenis Plastik berdasarkan warna nyala Api adalah dengan menggunakan pedoman sebagai berikut :



● Plastik jenis PE atau Poly Ethylene
Plastik PE ini akan memberikan nyala api berwarna biru dengan ujung berwarna kuning ketika dibakar. Bau yang ditimbulkan saat dibakar seperti bau dari Paraffin. Tetesan dari plastic PE ini juga dapat menyala.

● Plastik jenis PP atau Poly Propilene
Plastik berjenis PP akan memberikan nyala api berwarna biru dengan ujung nyala berwarna kuning. Hampir serupa dengan PE, namun untuk Plastik PP berbau seperti asap diesel

● Plastik jenis PS atau Poly Styrene
Untuk plastic yang berjenis PS nyala apinya berwarna kuning. Plastik PS ini juga akan terbakar secara cepat dengan menimbulkan asap tebal dan jelaga. Baunya seperti stiren dari karet.

● Plastik jenis PVC atau Poly Vynil Chloride
Nyala api dari PVC akan berwarna kuning, namun pada tepinya berwarna hijau. Meski akan menimbulkan asap tebal dan berjelaga ( seperti PS ), PVC tidak bisa terbakar secara cepat dan juga tidak menetes. Sedangkan bau yang ditimbulkan berupa bau Asam Chlorida

● Plastik jenis PET atau Poliester
Plastik jenis PET akan memberikan nyala api berwarna kuning dengan tepian berwarna biru ketika dibakar. PET bisa terbakar secara cepat dan berjelaga. Bau yang ditimbulkan seperti karet yang terbakar.

● Plastik jenis PU atau PolyUrethane
Saat dibakar PU akan memberikan nyala api yang berwarna kuning. PU dapat cepat terbakar dengan menimbulkan asap hitam. Baunya seperti bau buah apel.

● Plastik jenis PC atau Poly Carbonat
Nyala api dari plastic jenis PC adalah jingga kuning. Plastik PC lambat terbakar, namun berjelaga dan berbau seperti Phenol.

Lihat juga manfaat lain dari plastik untuk jalan raya :

Share this:

Disqus Comments