-->

Baju Siluman Quantum Stealth Menjadikan Pemakainya Bisa Menghilang

Pada film The Fantastic Four, Susan bisa berubah menjadi unvisible women – wanita yang bisa menghilang – setelah secara tidak sengaja tubuhnya terpapar radiasi badai angkasa ketika sedang melakukan misi di luar angkasa.
Lalu dalam film Harry Potter, berkat jubah yang menghilang, Harry Potter berhasil selamat karena tidak bisa terlihat.
Dan masih banyak lagi film-film – terutama film animasi – yang menggambarkan tentang kemampuan untuk menghilang dari pandangan.

Pada perkembangan selanjutnya, lonjakan temuan teknologi menjadikan “angan-angan” untuk menjadikan sebuah benda atau obyek menghilang dari pandangan bukan merupakan sebuah angan-angan belaka. Hal tersebut sudah ada di dunia nyata.
Temuan pertama yang menghebohkan, tentu saja dengan diciptakannya pesawat Siluman – Stealth – dimana pesawat terbang tempur sebesar itu bisa “menghilang”.
Meski istilah “menghilang” disini adalah lebih cenderung pada tidak terdeteksi oleh radar. Belum benar-benar menghilang dari pandangan mata.

Tapi kini sebuah teknologi baru baju siluman quantum stealth akan menjadikan pemakainya benar-benar bisa menghilang.

Sebagaimana diketahui, untuk menjadikan angkatan perangnya sebagai nomor satu di dunia, AS berupaya mati-matian memperlengkapi mereka dengan berbagai macam teknologi terbaru dan tercanggih. Tidak hanya persenjataan, tetapi juga pada sarana dan peralatanya.
Misalnya pada seragam tentara.

Sebuah seragam tentara tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari kondisi cuaca, namun yang lebih penting lagi harus mampu menyamarkan mereka saat berada di sebuah lingkungan tertentu.
Karena itulah selama ini selalu dikenal adanya corak atau motif khusus pada hampir semua seragam tentara. Tujuannya, untuk menyamarkkan atau kamuflase.

Nah, untuk tujuan inilah, militer AS – terutama pada Angkatan Daratnya – tengah mengembangkan sebuah seragam tentara yang teramat canggih. Begitu canggihnya baju kamuflase tentara ini akan menjadikan pemakainya bisa menghilang. Benar-benar bisa menghilang dari pandangan mata. Persis seperti di film-film.

Perusahaan persenjataan AS militer yang mengembangkan baju kamuflase canggih ini mengklaim bahwa baju seragam tentara tersebut memiliki kemampuan seperti bunglon berubah menyesuaikan dengan latar belakang. Sebagaimana dilansir dari laman dailymail, perusahaan tersebut menulis :

“Ini sebuah sistem kamuflase seperti bunglon atau kamuflase adaptif yang terus memperbarui warna dan pola, menyembunyikan tentara di lingkungannya,” Teknologi kamuflase canggih ini tengah dikembangkan dan akan di uji coba dalam 18 bulan.

Pengujian yang dilakukan harus berhasil di semua medan dan juga dari semua sudut pandang.
Misalnya baju kamuflase ini harus tetap mampu berfungsi di berbagai kondisi suhu, baik hujan dan salju, dan tanpa menghambat tugas normal seorang prajurit.
Baju kamuflase adaptif berat maksimalnya tidak boleh lebih dari 0,45 kilogram dan setidaknya bisa beroperasi selama 8 jam. Baju kamuflase ini bisa menjadikan pemakainya tembus pandang atau “menghilang” secara mendasar karena menggunakan prinsip-prinsip pembelokan sinar.

Pada tahun 2006, seorang fisikawan dari Imperial College London,bernama John Pendry mengatakan bhawa sangat memungkinkan untuk membelokkan cahaya di sekitar objek dan menyembunyikannya dengan metamaterials yang memiliki saluran gelombang elektromagnetik, meski tidak bisa membuat hal-hal hilang sepenuhnya.
Beberapa perusahaan kemudian mengklaim telah mempunyai produk yang mampu membelokkan cahaya tersebut. Salah satu diantaranya adalah Kanada Hyperstealth Bioteknologi.

Namun CEO perusahaan tersebut, Guy Cramer masih belum mau membeberkan rincian produk mereka ataupun melepas foto material tersebut ke publik.
“Apa yang membuat kami merahasiakan Quantum Stealth (bahan membelokkan cahaya) ini?” tulis perusahaan tersebut.
“Militer AS harus memenuhi persyaratan kami dulu, tanpa persyaratan itu, kami tidak akan pernah diperbolehkan bekerja sama dengan mereka.”

Namun yang jelas dengan adanya klaim temuan tersebut, sebuah baju kamuflase yang bisa membuat pemakainya tembus pandang “ menghilang” akan segera menjadi kenyataan.


Lihat juga yang tak kalah "ajaibnya" ini :

You may like these posts