3 Bahan Untuk Menghilangkan Karat Pada Lapisan Chromium

3 Bahan Untuk Menghilangkan Karat Pada Lapisan Chromium

Biasanya Chromium atau sering hanya disebut dengan Chrom, digunakan untuk melapisi logam lainnya guna mempercantik dan memperindah tampilan. Sebab dengan melapisi logam menggunakan Chromium maka logam bisa tampak lebih mengkilap – termasuk pada logam yang lama sekalipun - bahkan lebih mengkilap dari tampilan stainless steel.

Karena itulah pelapisan Chrom ini sering digunakan oleh para pemodif automotif, utamanya untuk memodifikasi mobil dan atau motor-motor yang memang sudah tua usianya, sehingga tampilannya bisa lebih “jreng” kembali.

Namun lapisan Chrom pada dasarnya hanyalah sebagai lapisan pelindung permukaan logam lain.
Karena itu ketika logam yang dilindungi di bawahnya mulai berkarat, permukaan karat pada akhirnya juga dapat menyembul keluar pada lapisan Chrom.
Dan ketika hal ini terjadi, tentu saja tampilan Chrom akan berkurang keindahannya.
Ketika terbentuknya karat pada logam yang dilapis sudah sedemikian karat – misal sampai berlubang – akan cukup sulit untuk mengembalikan keindahan lapisan Chrom.
Namun ketika karat yang terbentuk baru tahap awal, maka karat yang sudah menyembul pada permukaan Chrom sebenarnya masih dapat dihilangkan.

Berikut ini adalah 3 bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada lapisan Chrom :

/

1. Dengan menggunakan Minyak atau Poles

Kromium Poles kromium merupakan bahan dan cara yang paling cepat untuk membersihkan karat pada lapisan Chromium.
Cara penggunaannya juga mudah.
Tinggal menyemprotkannya, kemudian tunggu beberapa saat, setelah itu dibersihkan. Di pasaran sudah ada begitu banyak produk-produk semacam ini. Namun tentu saja harganya cukup menguras isi kantong.
Dan jika menginginkan produk yang lebih murah bisa digunakan minyak atau Pelumas semprot semacam WD 40 atau CRC. juga bisa digunakan, dan biasanya ini lebih murah.

2. Dengan menggunakan Aluminium Foil

Sedangkan untuk bahan yang lebih murah guna menghilangkan karat pada lapisan Chromium, dapat digunakan Aluminium Foil.
Secara kimiawi, Aluminium Foil akan berekasi dengan karat dan dapat “mengangkat” karat dari permukaan logam. Selain itu karena Aluminium foil memiliki sifat yang lebih lunak dari logam, jadi tidak akan menimbulkan luka gores yang ada di bawahnya.
Namun tentu saja butuh usaha dan cara tersendiri untuk menggunakan Aluminium Foil ini guna membersihkan karat pada lapisan Chromium. ( Yang insya Allah akan dishare pada posting selanjutnya ).

3. Dengan Menggunakan Asam Lembut

Dan jika ternyata masih tidak ada juga Aluminium foil, dapat juga digunakan asam lemah atau asam yang lembut. Bingung dengan apa itu asam lemah.
Gampangnya, anda bisa gunakan minuman bersoda. Contohnya minuman jenis Cola.
Minuman cola bisa digunakan untuk membersihkan karat pada lapisan Chromium sebab pada minuman jenis ini umumnya mengandung soda, yang mana mengandung asam Fosfor.
Dan Asam Fosfor inilah yang memiliki kemampuan menghilangkan karat pada lapisan Chromium.
Namun dalam hal ini sebaiknya pilih Cola untuk diet yang tidak mengandung gula, sehingga tidak lengket pada aplikasinya. Pilihan lainnya bisa digunakan lemon.
Penggunaan asam lembut dimaksudkan agar mengurangi resiko pada logam jika dibanding penggunaan asam kuat. Namun meski bahan ini cukup mudah dan murah, biasaya butuh usaha yang lebih. Dalam hal ini sebaiknya sediakan kipas angin untuk meniup segera uap korosi yang terbentuk.

Itulah 3 bahan yang dapat digunakan Untuk Menghilangkan Karat Pada Lapisan Chromium. Anda bisa pilih salah satunya.

Sebagai tips tambahan :
- Karat yang muncul bisa mengelupaskan lapisan Chromium atau hanya sebatas di bawah lapisan saja. Namun untuk menghilangkan karat ini sebaiknya tidak menggerinda atau mengamplasnya. Sebab dikhawatirkan malah akan merusak permukaan logam di bawahnya.
- Karat dapat muncul kembali jika permukaan logam kondisinya basah.
Karena itu segera keringkan permukaan seandainya basah. Karena itu penggunaan kipas angin sangat berguna.
- Ada beberapa bahan yang dilapis mirip Chromium yang terbuat dari plastik.
Jika bahannya terbuat dari plastic, maka bahan di atas tidak bisa digunakan.
- Setelah proses penghilangan karat, sebaiknya disemprot dengan cat perak. Penggunaan cat ini akan menjaga kilap pada kromium.
Agar hasilnya bagus, sebaiknya gunakan cat yang memang khusus untuk otomotif.
Setelah disemprot secara merata bisa di-ampelas dengan ukuran 1200 atau yang lebih tinggi lagi guna menghaluskannya setelah cat perak mengering.

Lihat juga cara memperbaiki karat body :

Share this:

Disqus Comments