-->

2 Perawatan Vital Pada Mobil Matic

Pada dasarnya semua bagian dari mobil butuh perawatan. Sebab sebuah mobil ibaranya satu kesatuan. Jika satu bagian ( spare part rusak ) maka mobil akan terganggu jalannya atau bisa jadi malah tidak jalan sama sekali.
Demikian halnya pada mobil matic.
Hanya saja pada mobil matic memang memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan mobil yang bertransmisi manual.

Dengan sifatnya yang otomatis, maka bagian itu pula yang paling perlu mendapatkan perhatian. Sebab ibaratnya, pada bagian itulah “nyawa” dari mobil matic.
Selain itu jika sampai bagian ini rusak, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan dipastikan tidak sedikit jumlahnya. Sebab pada umumnya, transmisi mobil matic tidak bisa dipreteli seperti layaknya pada transmisi mobil manual. Sehingga ketika rusak satu bagian, maka ibaratnya harus mengganti seluruh bagian transmisi.

2 Perawatan Vital Pada Mobil Matic adalah :

1. Perawatan pada oli transmisi

Hal yang paling perlu diakukan pada mobil matic adalah selalu mengecek kondisi oli transmisinya.
Ketika bagian transmisi bermasalah, bisa dipastikan mobil juga akan bermasalah ketika jalan.
Untuk pengecekan kondisi oli transmisi mobil matic dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

- Hidupkan mesin kendaraan, lalu lihat dipstick oli transmisi.
Jika warnanya telah berubah menjadi lebih gelap atau kehitaman dan atau didapati adanya serbuk besi , sangat disarankan untuk segera menggantinya dengan oli yang baru.
Adanya serbuk besi menunjukkan telah terjadi pergesekan yang terlalu keras antar beberapa komponen di dalam mesin mobil sehingga menyebabkan keausan.


- Lakukan Uji Jalan
Cobalah jalankan mobil di jalan yang kondisinya baik dan rata. Pindahkan posisi perseneleng transmisi, dari P-R-N-D layaknya ketika menjalankan mobil pertama kali.
Lakukan saja secara perlahan dan hati hati untuk merasakan setiap perpindahannya.
Bila terasa ada goncangan atau hentakan seperti kedutan yang kasar, atau terdengar suara yang sedikit bising, hal itu meruakan pertanda akan adanya masalah pada transmisi.
Bila mobil memiliki transmisi matic CVT maka seharusnya perpindahan persneleng satu ke yang lainnya akan terasa sangat halus tanpa adanya goncangan.
Apabila terjadi hal seperti ini, maka segeralah bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan pengecekan dan perbaikan lebih lanjut, guna menghindari pengeluaran biaya yang lebih besar nantinya.

2. Pengecekan pada rem

Pada semua jenis mobil, rem adalah “nyawa”. Terlebih lagi pada mobil matic.
Sebab jika pada mobil bertransmisi manual, ketika remnya blong atau terdapat gangguan masih dapat “diakali” dengan cara perpindahan gigi secara bergantian, tidak demikian halnya dengan mobil matic.
Jika sampai rem blong, ya sudah. Sebab semuanya mengandalkan rem.
Karena itu kondisi rem pada mobil matic harus benar-benar prima. Jadi kondisi rem pada mobil matic harus sering-sering di periksa. Ketika didapat rem yang sedikit saja tidak pakem harus cepat-cepat diservis. Dalam hal ini termasuk seluruh bagian rem, mulai dari kampas rem, oli rem, dan sebagainya.

Lihat juga :

You may like these posts