Salah Satu Kekurangan Lampu Led Yang Mungkin Tidak Terpikirkan Oleh Pabrikannya

Salah Satu Kekurangan Lampu Led Yang Mungkin Tidak Terpikirkan Oleh Pabrikannya


Setelah era kemunculan dan dominasi lampu hemat energi ( masyarakat awam terkadang menyebutnya dengan “neon tancep” ), di pasaran kini muncul lampu led. 
Dengan segala kelebihannya, lampu led kini menjadi pilihan yang sangat menarik bagi penggunaan lampu penerangan skala rumah tangga. 
Kelebihan lampu led dibandingkan dengan lampu hemat energi biasa terutama terletak pada pemakaian daya yang lebih irit serta masa pakainnya yang jauh lebih lama. 
Bisa dilihat juga : 

Kelemahan lampu led adalah harga sebuah lampu led masih sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu-lampu biasa. 
Namun saat ini, dengan semakin banyaknya pengguna lampu led, harga lampu led secara perlahan makin terjangkau, sudah hampir sebanding dengan harga lampu hemat energi yang bermerk. Dan karena hal ini pula, semakin banyak lagi masyarakat umum yang menggunakan lampu ini. 
Namun disamping masalah harga, lampu ternyata memiliki satu kekurangan lainnya. Yang bisa jadi kekurangan lampu led yang satu ini mungkin belum diperhitungkan dan terpikirkan oleh pabrikannya

Dari pengamatan pada beberapa produk lampu led yang telah beredar di pasaran, pada umumnya konstruksi lampu led sangat mirip dengan lampu bolamp ( sering juga disebut dengan lampu dop ). 
Jika dilihat komponen lampu led secara keseluruhan , pada bagian utama dimana lampu menyala berbentuk bulat, kemudian mengerucut berbentuk elips pada ujungnya, dimana pada bagian ini terletak “dudukan” atau koneksi ke arus listrik. 

Jika pada bolamb, kedua bagian ini menyatu dan tidak terdapat celah. Maka lampu led kedua bagian ini - bagian utama dan dudukannya – dihubungkan dengan sebuah kerangka / body yang bercelah, yang biasanya terbuat dari material campuran plastik atau atom. 
Konstruksi kerangka / body penghubung yang bercelah ini sebenarnya merupakan salah satu kelebihan dari lampu led. 
Dengan konstruksi kerangka yang bercelah yang seperti ini, maka proses pendinginan lampu berjalan dengan lebih baik. Sebab aliran udara lebih leluasa keluar masuk, sehingga pertukaran udara panas dan udara dingin lebih maksimal. Dan hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab mengapa lampu led dikatakan tidak panas dan menjadi lebih awet. 

kelebihan dan kekurangan lampu led

Namun kelebihan konstruksi kerangka bercelah dari lampu led ini jugalah yang menjadi titik kelemahannya pula. Kelemahan konstruksi ini makin kentara apabila lampu led dipergunakan di daerah pinggiran kota atau desa. Atau lebih tepatnya di lokasi-lokasi yang dekat persawahan. 

Apa kelemahan konstruksi kerangka bercelah dari lampu led ini ? 
Lampu led rentan terhadap serangan serangga. 

Sebagaimana diketahui, pada wilayah pemukiman yang terletak di daerah pinggiran kota atau persawahan, pada malam hari biasanya akan banyak serangga-serangga kecil yang berterbangan. Dan biasanyanya pula, serangga-serangga kecil ini tertarik dan mengerumuni sumber cahaya lampu . 

Pada konstruksi lampu bolamp atau lampu hemat energi yang tanpa celah maka serangga kecil tidak dapat masuk ke bagian dalam lampu. 
Namun karena adanya konstruksi kerangka bercelah pada lampu led maka serangga-serangga kecil akan dapat dengan mudah masuk ke bagian dalam lampu led. Bahkan bersarang di dalamnya. Dan mati di dalamnya pula. 
Akibatnya bagian dalam lampu led yang merupakan bagian utama pencahayaan akan menumpuh dengan serangga-serangga yang telah mati. 

Hal inilah yang mengakibatkan kekuatan pancaran cahaya dari lampu led menjadi berkurang dengan sangat drastis. Belum lagi dengan pemandangan yang tidak enak dipandang mata. 
Bagian dalam lampu led terlihat kotor hitam bertumpuk kotoran serangga. 

Kotoran atau serangga yang mati ini sebenarnya memang bisa dikeluarkan dengan cara mematahkan satu atau dua kisi kerangka plastik lampu led, kemudian dikocok ke arah bawah agar serangga yang terjebak di bagian dalam lampu bisa keluar. 
Namun cara ini sebenarnya sangat merepotkan dan menjengkelkan. 
Karena akan baik jika seandainya konstruksi kerangka bercelah pada lampu led dibuat lebih rapat lagi atau dirubah sedemikian rupa, sehingga proses pertukaran udara panas dan pendinginan tetap dapat berjalan dengan baik, namun serangga-serangga terkecilpun tidak dapat masuk ke dalamnya.

Share this:

Disqus Comments