Rumus Dan Cara Mudah Menaksir Besarnya Karat Batu Permata

Rumus Dan Cara Mudah Menaksir Besarnya Karat Batu Permata


Ketika batu akik dan batu permata menjadi popular saat ini, istilah “karat” juga ikut menjadi popular. Istilah “karat” sebelumnya lebih dikenal masyarakat umum pada emas dan berlian ( intan ). 
Dan ketika demam batu akik mewabah, maka istilah karat ( sebenarnya ) juga berlaku pada batu permata, terutama pada batu permata yang berkelas, semacam Ruby, Zamrud, ataupun Saphire. 

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia batu permata, istilah karat dan cara menentukan besarnya karat mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi yang baru mulai berkecimpung masuk di dunia batu permata, mungkin masih agak bingung dengan istilah karat ini. 
Sehingga biasanya untuk mengetahui berapa karat batu permata yang dimilikinya, pada umumnya akan menyerahkan dan bertanya kepada para toko penjual perhiasan untuk menaksirnya. 

Cara ini memang lebih akurat untuk menentukan berapa besarnya karat sebuah batu permata, sebab biasanya toko-toko perhiasan memang memiliki sarana dan alat untuk ini. 
Jika jumlah batu permata yang akan ditaksir besar karatnya hanya 1 atau 2 mungkin tidak masalah, namun jika jumlahnya cukup banyak , tentu saja mereka tidak mau hanya sebatas dimintai “tolong”. 
Biasanya mereka akan memungut biaya. 
Padahal terkadang, besarnya karat sebuah batu permata ingin diketahui ketika masih dalam tahap tawar menawar. Sehingga akan “rugi” jika harus selalu mengeluarkan biaya. 

Sedangkan untuk menaksir besarnya karat sebuah batu permata, sebenarnya dapat dilakukan dengan cukup mudah dan cepat dengan menggunakan sebuah rumus. 
Lalu apa rumus dan bagaimana cara mudah untuk menaksir besarnya karat Batu Permata

Sesuai kesepakatan umum, yang disebut sebagai 1 karat adalah seberat 0,2 gram atau 200 miligram. Sedangkan untuk menaksir besarnya karat sebuah batu permata secara mudah dan cepat, dapat dilakukan dengan rumus di bawah ini : 
Misalkan, sebuah batu permata memiliki ukuran : 
panjang = 15 mm,
lebar = 12 mm, 
tebal = 0.6 mm 
Maka volume dari batu permata tersebut adalah : 
= 10 x 0.8 x 0.6 
= 480 
Taksiran besarnya karat batu permata adalah : 
= 480 : 125 
= 3.84 
Dikalikan factor keamanan 75 % - 80 % 
Sehingga hasilnya adalah : 
= 2.88 karat sampai dengan 3.072 karat. 
Jadi besarnya karat sebuah batu permata yang berukuran panjang = 15 mm, lebar = 12 mm, tebal = 0.6 mm adalah antara 2.88 karat sampai dengan 3.072 karat. 

Sebagai catatan : 
Rumus dan cara perhitungan di atas adalah untuk melakukan taksiran awal, perkiraan atau estimasi. Terutama untuk memperkirakan kisaran harga saat melakukan transaksi jual beli. 
Sedangkan hasil yang lebih akurat harus dilakukan dengan pengukuran yang pasti, yang biasanya bisa dilakukan oleh toko penjual perhiasan, atau laboratorium khusus untuk ini. 

Referensi : 
• http://lisabestone.indonetwork.co.id/trade 
• http://www.yamarajewels.blogspot.com/ 
Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments