-->

Jokowi Orang Afrika ? Apa Kata Warga Negara Rusia Tentang Presiden Jokowi ?

Hubungan kenegaraan antara Indonesia dengan Rusia ( dulu Uni Sovyet ) sebenarnya telah terjalin sejak lama. Bahkan pada era Orde Lama di bawah Presiden Sukarno, Indonesia bahkan pernah dicap sebagai salah satu poros dari Negara Beruang Merah ini.

Tetapi itu sudah puluhan tahun yang silam.
Lalu bagaimana warga Negara Rusia sendiri memandang Negara Indonesia – khususnya Presiden Jokowi – saat ini.

Ada pernyataan yang sangat menarik dari warga Negara Rusia tentang Negara Indonesia dan Presiden Jokowi.
Dari sebuah survey yang dilakukan ternyata pada umumnya warga Negara Rusia kurang mengenal Indonesia. Rata-rata dari mereka mengatakan bahwa Indonesia adalah Negara yang sangat jauh dari Rusia. Karena itu mereka menganggap bahwa Indonesia bukan merupakan mitra yang penting untuk Negara mereka.

Salah seorang mahasiswi tingkat empat di Universitas RUDN, yang bernama Olesya, mengaku baru tahu tentang Indonesia hanya karena pernah ada pertanyaan tentang Indonesia saat ia mengikuti sebuah ujian di Universitasnya.

Komentar yang unik dari warga Rusia justru muncul ketika mereka ditanya tentang Presiden Republik Indonesia saat ini , Presiden Jokowi.

Mereka bahkan mengira bahwa Joko Widodo merupakan seorang tokoh fiksi.
“Saya sama sekali tidak tahu tentang dia. Sepertinya ia tokoh fiktif,” kata , Tatyana dan Filipp dua orang pejalan kaki yang ditanya saat survey, sebagaimana dikutip dari laman Indonesia.rbth.com.
Namun setelah berhasil diyakinkan bahwa Jokowi bukan tokoh fiktif, mereka menebak jika Joko Widodo adalah seorang pemimpin negara Afrika. “Joko Widodo? Sepertinya orang Afrika,” kata Tatyana. “Bagaimana penampilan fisik seorang presiden negara Afrika? Sepertinya, berkulit hitam,” tambah Filipp. “Iya, dia orang Afrika,” ujar Tatyana lagi dengan yakin.

Namun, beberapa warga Rusia lainnya memandang Jokowi secara positif.
Salah satu warga Moskow bahkan tahu dan memuji selera musik Jokowi, yang menyukai musik rock.

Media massa memang sempat ramai menulis bahwa Presiden Joko Widodo suka mendengarkan musik rock dengan suara kencang. Hingga Jokowi pernah mendapat hadiah gitar yang telah dibubuhi tanda tangan dari anggota band Metallica.

Salah seorang responden yang bernama Liza mengatakan :
“Joko Widodo memiliki selera musik yang bagus. Mungkin ia bisa mempromosikan budaya negaranya. Coba bayangkan, dalam suatu rapat ia mengambil gitarnya dan mulai bermain. Sungguh menarik! Andai Putin juga melakukan hal tersebut.”

Radio Echo Moscow yang melakukan survey terhadap 754 orang responden di situsnya, bahkan mendapatkan jawaban yang cukup mengejutkan atas pertanyaan yang mereka ajukan :
“ Apakah Anda ingin orang seperti Joko Widodo, Presiden Indonesia, menjadi pemimpin Rusia? “ Jawabannya :
57% responden menjawab "iya",
35% menjawab tidak, sedangkan dan
7% lainnya tidak memilih.

Sementara itu Nastya, seorang mahasiswa jurusan yakin bahwa pengalaman Jokowi selama memerintah kota Surakarta dan Jakarta akan membantunya mejalankan tugasnya sebagai presiden.
“Jika ia adalah seorang gubernur yang baik, ia tentu bisa menjadi seorang presiden yang baik pula. Ia berpengalaman mengelola berbagai bidang-bidang penting. Menjadi gubernur maupun presiden sama-sama mengemban tanggung jawab yang berat, karena mereka harus mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan,” papar Nastya.

Sumber : Indonesia.rbth.com
Lihat juga :

You may like these posts