Bolehkah Iklan Google Adsense Dipasang Bersama Dengan Chitika, Infolinks atau Bidvertiser ?

Bolehkah Iklan Google Adsense Dipasang Bersama Dengan Chitika, Infolinks atau Bidvertiser ?


Pertanyaan seperti ini sering muncul di benak para publisher adsense. Penyebabnya sederhana, dan biasanya serupa. Yaitu ketika iklan-iklan dari Google adsense yang telah dipasang di blognya, hasilnya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Biasanya ketika hal ini terjadi, publisher adsense pada awalnya akan berusaha untuk mengoptimalkan habis-habisan google adsensenya. Ibaratnya, segala cara dilakukan agar iklan google adsense memndapatkan hasil yang diharapkan. 
Namun ketika semua cara telah dilakukan, tetapi hasilnya tetap sama saja, mulailah publisher adsense tergoda untuk “pindah ke lain hati”, mencoba mengkombinasi atau pindah ke program periklanan PPC lainnya. 
Yang umumnya kemudian mencoba entah itu Chitika, Infolinks atau Bidvertiser – sebab ketiga program PPC tersebut masih dianggap sebagai program PPC yang terbaik selain google adsense saat ini - atau program periklanan PPC lainnya, seperti PPC dari Yahoo atau Taboola, atau lainnya. Meski 3 yang terakhir ini cukup sulit bagi blog Indonesia. 

Nah ketika sudah mulai mencoba menggunakan program PPC lainnya selain google adsense inilah mulai timbul pertanyaan seperti di atas, Bolehkah Iklan Google Adsense Dipasang Bersama Dengan program PPC lainnya, macam Dengan Chitika, Infolinks atau Bidvertiser
Sebab biasanya, meski google adsense belum bisa memberikan hasil yang maksimal, dirasa sayang jika dilepas begitu saja. Maka pilihannya adalah memasang bareng iklan google adsense ini dengan iklan PPC lainnya. 

Dan pertanyaan seperti ini muncul sebab ada begitu banyak informasi yang simpang siur tentang hal ini. Beberapa orang mengatakan bahwa mamasang iklan google adsense bersama dengan program periklanan PPC lainnya adalah boleh dan tidak dilarang. 
Namun sebagian lainnya mengatakan bahwa hal tersebut melanggar TOS Google adsense dan akan rawan di banned. 
Jadi mana yang benar ? 

Sebenarnya, jika mau sedikit teliti membaca TOS dari Google adsense, hal ini sudah dicantumkan dengan cukup jelas. 
Intinya : 
Google adsense pada intinya TIDAK MELARANG publishernya untuk memasang iklan google adsense bareng dengan iklan program PPC lainnya
Namun untuk memasang iklan google adsense bercampur dengan program iklan PPC lainnya, memang ada syaratnya. 
Yang utama dan paling utama adalah iklan dari PPC lain harus tampak berbeda dengan iklan google adsense, sehingga pengunjung dapat dengan mudah dan jelas membedakan mana iklan dari google adsense dan mana iklan dari PPC lainnya. 

Karena itu iklan Google Adsense BOLEH dipasang bersama dengan Chitika, Infolinks atau Bidvertiser atau program PPC lainnya selama tampilannya jelas dan berbeda. 
Dan untuk amannya, sebaiknya antara iklan google adsense tidak dipasang berdampingan atau bersisian dengan iklan program PPC lainnya. 

Untuk lebih mantapnya, bisa dibaca sendiri dari TOS Google adsense dan beberapa hasil Tanya jawab pada sebuah forum adsense, di bawah ini : 

============Copied from Adsense TOS============ 

Competitive Ads and Services In order to prevent user confusion, we do not permit Google ads or search boxes to be published on websites that also contain other ads or services formatted to use the same layout and colors as the Google ads or search boxes on that site. Although you may sell ads directly on your site, it is your responsibility to ensure these ads cannot be confused with Google ads. 

=========End of Copied from Adsense TOS========= 

=======Copied from Adsense Q&A====== 

Can I place Google ads on the same page with other ads? You’re welcome to display Google ads on the same site or page as other third party advertisements provided that the formatting or colors of the third party ads is different enough from that of the Google ads. In other words, if you choose to place non-Google ads on the same site or page as Google ads, it should always be clear to the user that the ads are served by different advertising networks and that the non-Google ads have no association with Google. If the formats are naturally similar, we ask that you choose different color schemes for the competing ads. Our intent with this policy is to be as fair to our advertisers as possible and to maintain the integrity of the AdWords and AdSense programs. You can learn more about this, and all our policies, on our program policies page. 

======End of Copied from Adsense Q&A====== 

Untuk contoh blog yang telah memasang iklan google adsense dengan iklan PPC lainnya misalnya : 

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments