Benarkah Garam Bisa Mencegah Ular Tidak Masuk Ke Dalam Rumah ?

Benarkah Garam Bisa Mencegah Ular Tidak Masuk Ke Dalam Rumah ?


Jika tidak pernah kejadian ada ular yang masuk ke dalam rumah, mungkin tidak pernah kepikiran juga untuk mengetahui cara yang paling ampuh untuk mencegah dan mengusir ular agar tidak masuk ke dalam rumah
Tapi jika kebetulan bermukim di wilayah-wilayah pinggiran, perumahan yang baru selesai dibangun atau memang dipinggir sawah atau tegalan, kejadian ular masuk rumah suatu saat pasti pernah terjadi. 

Meski sebenarnya ular yang masuk ke rumah tidak semuanya berbahaya atau berbisa, tetapi pada umumnya orang memang merasa “gilo” atau geli dengan ular. Jadi sebisa mungkin orang selalu mengusahakan agar jangan sampai ular masuk ke dalam rumah. 

Orang-orang tua sering menyarankan, agar ular tidak masuk ke dalam rumah, maka sebaiknya jalan-jalan yang menuju rumah disebari dengan garam. 
Pertanyaannya, benarkah garam memang ampuh untuk mencegah dan mengusir ular agar tidak masuk rumah

garam untuk mencegah ular masuk rumah

Dari pengalaman, pernah kejadian ada ular yang masuk ke dalam rumah, meskipun ukuran kecil dan akhirnya bisa ditangkap dan dibuang. Karena itulah untuk menjaga agar jangan sampai ular masuk ke dalam rumah lagi, pada jalan yang dimasuki ular penulis coba menyebari dengan garam, yang dilakukan dalam beberapa hari. 
Faktanya beberapa hari kemudian, meskipun masih ada garam pada tempat yang bisa dijadikan jalan masuk ular, ternyata masih ada juga ular yang bisa masuk rumah, meski lagi-lagi ukurannya kecil, dan berhasil ditangkap juga. 

Dari situlah kemudian timbul keraguan, jika garam tidak cukup ampuh untuk mengusir ular agar tidak masuk ke dalam rumah. 
Terlebih lagi kemudian ada salah satu televisi swasta yang menayangkan hal yang serupa. 
Menurut tayangannya, menyebarkan garam untuk mengusir ular ternyata hanya mitos belaka. 
Menurut tayangan TV tersebut, ular tidak takut garam. 
Jadi akhirnya malah jadi bingung, mana yang benar ? 
Benarkah Garam Ampuh Untuk mencegah dan Mengusir Ular Agar Tidak Masuk Rumah

Sebab di satu sisi ada seorang pengamaat dan pawang ular yang sangat berpengalaman menyebutkan bahwa garam memang bisa digunakan untuk menghindarkan ular agar tidak masuk ke dalam rumah. 
Sebagaimana dikutip dari laman Suara News, Andre Heru Pramana yang merupakan seorang Pengamat Ular Selama 30 Tahun dan juga sebagai Trainer Out Bond, Pecinta Alam, menyatakan :
“Taburan garam. Itu efektif bila tidak hujan. Lidahnya ular kan selalu keluar ketika berjalan, dia akan merasakan asin lalu akan mundur tidak mau lewat. Ular itu kalau berjalan, dengan membuka dan menutup kulitnya. Ketika ada benda yang masuk, dia merasa tidak nyaman. Sehingga dia akan mundur kembali”. “Jadi ular takut sama garam bukan kepercayan mistik sebetulnya” tambahnya. 

Dan jika menyimak pernyataan dari Andre Heru tersebut secara logika memang ada benarnya juga. 
Mungkin ketika penulis menaburkan garam saat itu, taburannya kurang rata, ataupun garam telah meleleh hingga ularpun bisa berhadil melewatinya dan masuk ke dalam rumah. 
Jadi suatu saat mungkin perlu dicoba kembali. 
Atau mungkin anda sudah memiliki pengalaman lain tentang hal ini ? 

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments