-->

3 Cara Mudah Menghilangkan Embun Pada Kaca Bagian Dalam Arloji


Arloji mengembun pada kaca bagian dalam
Bingung untuk menghilangkannya ? 
Atau malah “dicuekin” saja ? Toh, nantinya lama-lama akan hilang dengan sendirinya. 

Jangan salah, meski arloji yang mengembun ini terlihat sepele, dan nantinya embun yang ada di bagian dalam arloji ini nantinya juga akan hilang sendiri, namun kondisi arloji yang berembun berlama-lama, selain menggangu pandangan kepada jarum arloji - karena kaca arloji akan menjadi buram – juga akan merusak kesehatan arloji. 
Keberadaan embun di dalam arloji, lama kelamaan akan membuat onderdil bagian dalam arloji berkerak, berkarat atau korosi sehingga arloji akan cepat rusak. 

Kalau arloji-arlojian, mungkin tidak mengapa. Tetapi jika arloji yang berharga mahal, sayang kan ? 
Padahal untuk menghilangkan embun yang terjebak di kaca bagian dalam arloji, cukup mudah. 
Jadi jangan bingung. Coba gunakan 3 cara mudah menghilangkan embun pada kaca bagian dalam Arloji berikut ini : 

cara menghilangkan embun dalam arloji

1. Dengan menjemur di bawah sinar matahari di pagi hari 
Ini cara paling mudah yang pertama. Perhatikan, bagaimana embun yang menempel di dedaunan secara perlahan akan menghilang ketika matahari telah terbit. Cara inilah yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan embun yang terjebak pada bagian dalam arloji. Jemur arloji yang berembun di bawah sinar matahari langsung di pagi hari. Secara perlahan tapi pasti embun yang terjebak di bagian dalam akan menguap dan hilang. 

2. Dengan menggunakan lampu atau lilin 
Lalu bagaimana jika matahari kebetulan tidak kelihatan karena langit sedang mendung ? Atau di saat musim penghujan ? Jangan khawatir, gunakan saja lampu atau lilin. Prinsipnya, sama dengan yang nomor satu. Panas akan menguapkan dan menghilangkan embun yang terjebak di dalam arloji. Namun sebaiknya gunakan lampu yang tidak terlalu panas sehingga malah merusak komponen arloji. Yang penting, letakkan arloji tepat di bawah pancaran sinar lampu secara langsung. Dan jika sialnya tidak ada lampu ( listrik ) pakai lilin juga bisa kok. Caranya sama. 

3. Dengan merendam arloji di dalam beras
Kok beras ? 
Iya, karena kebetulan tidak ada sinar matahari, tidak ada lampu juga tidak ada lilin, maka terpaksa digunakan beras. 
Caranya ? 
Ambil saja sebuah mangkuk yang cukup besar sehingga arloji bisa masuk ke dalamnya.Masukkan arloji ke dalam mangkuk, lalu isikan dengan beras sampai penuh, hingga arloji benar-benar terpendam. “Kehangatan” dari beras dapat menghilangkan embun yang terjebak di dalam arloji. Hanya saja jika cara yang terakhir ini yang digunakan, waktu yang dibutuhkan memang cukup lama, bisa berjam-jam. Jadi terserah anda,cara mana yang akan dipilih. 

Lihat juga : 

You may like these posts