-->

Di Desa Wisata Portmeirion Wales, Para Turis Berhasil Ciptakan Pohon Uang

Pernah lihat pohon yang berbunga uang atau pohon uang ?
Pasti pernah.
Setidaknya pada sebuah promosi dari salah satu bank Nasional yang pernah menjadi tayangan iklan di sebuah stasiun televisi swasta beberapa tahun lalu.

Bagaimana jika ternyata pohon uang tersebut benar-benar ada ? Mustahil ?
Mungkin tidak juga, sebab konon di dunia ini tidak ada sesuatu yang mustahil.
Ya, sebab ternyata memang ada sebuah “keajaiban”.


Ada sebatang pohon uang yang terletak di Di North Wales - Britania Raya. Tepatnya di Desa Portmeirion, Gwynedd, North Wales – Britania Raya ada sebatang pohon tua yang besar, dimana batang dan rantingnya dipenuhi dengan uang.

Hanya saja pohon uang di North Wales ini agak sedikit berbeda dengan pohon uang yang pernah ditayangkan di iklan sebuah bank. Pohon uang yang terletak di Desa Portmeirion, Gwynedd, North Wales ini pada dasarnya merupakan sebuah pohon tua yang sudah mati.


Desa Portmeirion sendiri merupakan sebuah desa yang dirancang oleh Sir Clough Williams-Ellis pada tahun 1925 - 1975 dengan gaya pedesaan Italia, yang ditujukan sebagia desa wisata. Karena itu di dalam hutan di desa wisata Portmeirion ini terdapat pohon-pohon tua yang dinamakan Wishing Tree.

Dinamakan sebagai “Wishing Tree” sebab menurut kepercayaan warga lokal, siapa saja yang berdoa dan kemudian menanamkan uang logam ( koin ) pada pohon tersebut, maka permintaannya akan terkabul.

Karena adanya mitos yang beredar di warga setempat itulah, maka para turis dan wisatawan yang berwisata ke desa Portmeirion tersebut kemudian tertarik untuk menjajal melakukannya. Dan hal ini berlangsung bertahun-tahun.
Sehingga pada pohon-pohon tua tersebut akhirnya dipenuhi dengan uang logam atau koin yang sengaja ditanamkan oleh para wisatawan.
Demikian penuh hingga tidak hanya pada batang utamanya saja,melainkan juga pada ranting-rantingnya. Yang jika dihitung-hitung uang koin tersebut bahkan mencapai lebih dari satu juta koin jumlahnya.

Awalnya hanya terdapat satu batang pohon Wishing Tree saja. Namun seiring dengan makin banyak wisatawan yang berkunjung di desa wisata tersebut – dan melakukan ritual serupa - maka kini setidaknya ada tujuh pohon Wishing Tree yang digunakan untuk sengaja menanam uang koin.


Bagaimana ? Masih penasaran ?

Lihat juga yang tak kalah anehnya :

You may like these posts