Profil Bursa Asuransi Tertua Di Dunia Dan Masih Aktif, Lloyd's of London , Awalnya Asuransi Kapal Budak

Profil Bursa Asuransi Tertua Di Dunia Dan Masih Aktif, Lloyd's of London , Awalnya Asuransi Kapal Budak


Tentang Lloyd's of London 

Bagi yang berkecimpung di bidang Asuransi, atau bekerja di kapal atau juag di pelabuhan pasti sudah sedemikian akrab dengan nama Lloyd’s. Sebab pada bidang-bidang tersebut nama Llyod’s sering diidentikkan dengan asuransi pada kapal. 
Namun uniknya dan yang tidak banyak diketahui orang, Lloyd’s sendiri sebenarnya bukanlah merupakan sebuah perusahaan asuransi. 
Llyod’s atau nama lengkapnya Lloyd's of London sendiri sebenarnya “hanyalah” merupakan sebuah badan hukum yang pada waktu pembentukannya diatur di bawah Undang-Undang Lloyd 1871 Parlemen Britania Raya. Uberrimae fides. 
Kalimat yang terakhir adalah bahasa Latin berarti “ the utmost good faith" uyang juga merupakan motto dari Lloyd's of London ini. Sedangkan slogan dari Llyod’s of London adalah "Pemimpin pasar asuransi dunia
Sehingga jika dipilah lebih jauh, Lloyd's of London adalah sebuah badan hokum yang berjenis bursa asuransi yang ( memang) bergerak pada industri / jasa Asuransi dan re-Asuransi. 
Saat ini Lloyd's of London berkantor pusat di jalan Lime Street Nomor 1 di City of London. Tokoh-tokoh penting yang berada di belakang Llyo’d adalah John Frederick Nelson sebagai pimpinan, dan Richard Ward sebagai wakil eksekutif. 

Lloyd's of london

Sejarah Lloyd's of London 

Llyod’s of London untuk awalnya bermula dari Lloyd's Coffee House, yang pada waktu itu dibuka oleh Edward Lloyd pada tahun 1668 di Tower Street, London. Tempat ini merupakan favorit bagi para pelaut, pedagang, dan pemilik kapal, untuk bertukar info perdagangan, termasuk untuk mendiskusikan masalah asuransi. 
Pada saat Natal 1691, coffee house ini Lombard Street. 
Dan Lloyd sendiri akhirnya ditutup pada tahun 1713. Karena itu para anggotanya kemudian membentuk sebuah komite yang bernama The Society of Lloyd's. dan pindah ke Royal Exchange di Cornhill . Yang menurut catatan, resminya didirikan pada tahun 1774. Lalu pada tahun 1871 didirikan pula Incorporation Of Llyod’s. Sebab pada tahun itu ( 1871 ), Undang-Undang Lloyd's Pertama disahkan oleh Parlemen Inggris. 
Dengan Undang-undang ini memberikan pijakan hukum yang kuat bagi Llyod. 
Undang-Undang Lloyd's 1911 kemudian semakin memperkuat posisi Lloyd's, yang menetapkan tujuan Society, mencakup promosi kepentingan anggotanya serta pengumpulan dan penyebaran informasi 

Lloyd's dan asuransi kapal budak 

Karena bidang kelautan merupakan focus bisnis yang utama pada waktu itu, antara tahun 1688 - 1807, Lloyd malah lebih banyak memberikan layanan asuransi pada kapal yang malah terlibat dalam perdagangan budak. ( Sebab itulah yang merupakan penghasilan yang utama waktu itu ). 
Yang menurut catatan bahkan ada sebanyak 3,25 juta budak dari benua Afrika yang diangkut dengan armada Inggris Raya lewat Atlantik menuju Amerika. ( Perlu diingat bahwa Inggris Raya merupakan penguasa lautan waktu itu ). 
Dan hal seperti ini baru behenti pada akhir abad ke-18. Dan selama rentang waktu itu pula ada sebanyak 1053 kapal Imperium Inggris yang hilang atau tenggelam di lautan. 

Struktur organisasi Lloyd's 

Sebagai bursa asuransi tertua di dunia dan masih aktif ( sekali lagi, bukan merupakan perusahaan asuransi ), Lloyd's masih tetap mempertahankan struktur organisasi yang tidak biasa dan praktik yang berbeda dari organisasi asuransi lainnya. 
Namun prinsip dasar Lloyd's banyak diterapkan oleh perusahaan asuransi yang lain saat ini. 
Misalnya pada slogannya : “utmost good faith” 
SloganLlloyd’s ini berarti si penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu tentang luasnya syarat/kondisi dari asuransi dan si tertanggung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas obyek atau kepentingan yang dipertanggungkan. 

Dalam operasionalnya, Lloyd tidak menanggung bisnis asuransi, melainkan menyerahkan pelaksanaannya kepada para anggotanya. Sebaliknya, Society berperan secara efektif sebagai regulator pasar, menetapkan aturan dimana anggotanya beroperasi dan menawarkan jasa administrasi terpusat kepada para anggota. 

Secara lengkap Struktur Lloyd's adalah
• Dewan Lloyd's 
• Pebisnis di Lloyd's o Anggota (Names) 
o Agen Pengelola 
o Agen Anggota 
o Coverholder 
o Makelar Lloyd's 

Dengan Struktur pasar sebagai berikut
• Penyedia modal 
o 1.238 perusahaan anggota 
o 773 individu dengan kewajiban yang tidak terbatas 
• Pelaku pasar[2] 
o 52 agen pengelola 
o 84 sindikat 
o 181 makelar Lloyd's 

Meskipun beberapa anggota Lloyd’s, seperti Hiscox Ltd, Catlin Group Ltd dan Hardy Underwriting Bermuda Ltd. Merupakan perusahaan yang sudah terdaftar di bursa saham. Namun Lloyd's bukanlah perusahaan yang go-public. 

Yang ini tidak kalah menariknya : 

Share this:

Disqus Comments