-->

Inilah Salah Satu Perusahaan Tertua Di Dunia Yang Masih Beroperasi, Usianya 400 Tahun

Ada satu perusahaan yang merupakan perusahaan tertua di dunia yang usianya telah mencapai 400 tahun lebih dan hingga kini masih aktif, namanya Grolsch. Atau nama lengkapnya Koninklijke Grolsch BV, atau Royal Grolsch NV.

Saat ini, jika iseng-iseng menghitung berapa jumlah perusahaan yang ada di seluruh dunia, ibaratnya mungkin sudah tidak bisa dihitung, karena saking banyaknya. Yang bahkan di Indonesia sendiri saja sudah menjadikan pusing dibuatnya.
Namun umumnya, meski sedemikian banyak jumlahnya, hanya sedikit sekali dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mampu bertahan begitu lama.
Setelah melewati selang waktu sekian puluh tahun, satu persatu dari perusahaan tersebut yang mulai berguguran. Terlebih jika perusahaan tersebut adalah perusahaan keluarga, yang pada umumnya hanya mampu bertahan selama beberapa generasi saja. Padahal ketika berjaya, perusahaan tersebut bisa jadi merupakan perusahaan terbesar di jamannya.

Sebagai contoh misalnya, perusahaan Bal Tiga milik keluarga Nitisemito yang ada di kota Kudus waktu. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar di jamannya ( jaman penjajahan kolonial Belanda ), yang pada waktu itu bahkan diklaim sebagai perusahaan modern.
Namun pada saat ini sudah tidak ada lagi jejak-jejaknya. Lenyap ditelan perkembangan jaman.

Banyak dari perusahaan tersebut yang akhirnya tumbang – umumnya, karena adanya konflik internal – dan atau karena kurang mampu menyesuaikan diri dengan lajunya perkembangan jaman.
Namun demikian, ternyata masih ada sedikit dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mampu bertahan hingga saat ini. Yang beberapa di antaranya bahkan sudah berusia berabad-abad.

Dan tahukan anda, jika ternyata ada satu perusahaan yang usianya sudah mencapai 400 tahun, dan perusahaan tersebut masih beroperasi hingga saat ini ?

Karena itulah perusahaan ini termasuk satu perusahaan yang tertua di dunia.

Perusahaan tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini adalah Grolsch. Atau nama lengkapnya Koninklijke Grolsch BV, atau Royal Grolsch NV.

Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Willem Neerfelt pada tahun 1615 di kota Groll. Jadi kalau dihitung sampai hari ini usianya sudah 400 tahun. Grolsch atau Koninklijke Grolsch BV, atau Royal Grolsch NV ini merupakan sebuah perusahaan Bir yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda.

Tidak hanya sebagai perusahaan yang tertua, Grolsch juga merupakan perusahaan bir yang terbesar kedua di negeri Belanda, dengan kapasitas penjualan sebanyak tiga juta hektoliter bir per tahunnya.

Grolsch juga dikenal sebagai perusahaan spesialis Bir premium. Dan reputasi ini sudah dikenal di seluruh dunia.


Awalnya, Willem Neerfelt membangun pabrik pembuatan birnya di desa Grolle - sekarang telah menjadi Groenlo, di provinsi Belanda Gelderland – pada tahun 1615.
Pada tahun 1676, putri Neerfelt menikah dengan Peter Cuijper , yang diangkat sebagai Guild Master guild bir ' di Grolle.
Tetapi pada tahun 1895, lokasi pembuatan bir yang sukses , yang kemudian dikenal sebagai ' De Klok ' ini , dijual oleh keturunan mereka Theo de Groen. Sementara itu, di tahun yang sama , sejumlah pengusaha produsen tekstil, pedagang dan bankir memutuskan untuk mendirikan tempat pembuatan bir bir lagi, ' De Enschedesche Bierbrouwerij '.
Kualitas dan volume penjualan bir sempat anjlok selama Perang Dunia Pertama.

Karena itu untuk pengelolaannya De Enschedesche Bierbrouwerij memutuskan untuk menjual bisnis untuk Theo de Groen. Pada tahun 1922, De Klok di Groenlo bergabung dengan De Enschedesche Bierbrouwerij menjadi 'De Klok', kemudian berganti nama menjadi 'De Grolsche Bierbrouwerij'.

Dan pada tahun 2004, Grolsch new state-of - the-art -brewing-facility, yang terletak di perbatasan antara Enschede dan Boekelo, mulai beroperasi menggantikan pabrik tua di Enschede dan Groenlo, hingga saat ini.


Lihat juga yang tak kalah menariknya :

You may like these posts