-->

Peneliti Kembangkan Gedung Bebas Gravitasi Yang Bisa Melayang Di Angkasa

Antara tahun 80-an – 90 an ada salah satu cerita komik science fiksi yang dimuat pada salah satu majalah anak muda, judulnya Storm. Komik dengan pelakon utama yang bernama Storm, mengisahkan petualangan Storm dalam menjelajah ruang angkasa, dengan setting masa depan.
Dimana bumi bukan merupakan satu-satunya tempat yang bisa didiami oleh manusia. Sebab ternyata masih ada begitu banyak planet lainnya yang bisa dijadikan tempat tinggal selain bumi, meski dengan situasi dan kondisi yang berbeda.

Pada salah satu episodenya, dikisahkan Storm berpetualang di sebuah planet dengan gravitasi terbalik. Dimana gravitasi planet tersebut bukannya ke bawah, melainkan ke atas, sebab tidak mampu membuat benda-benda “menempel” pada permukaan planet, melainkan melayang di angkasa. Karena itulah aktivitas penghuni planet ini termasuk gedung bangunan dan rumahnya, semuanya melayang di angkasa.
Dan kini ilustrasi tentang gedung dan rumah yang bisa melayang di angkasa mungkin tidak lagi hanya terjadi di komik saja.

Sebagaimana dilansir dari laman Inhabitat seorang arsitek dari studio arsitektur asal Israel, Geotectura yang bernama Joseph Cory tengah merealisasikan ide gila ini. Joseph Cory mengatakan bahwa gedun yang “bebas gravitasi dan melayang dia angkasa”, bisa saja terjadi dengan bantuan medan elektro magnet.

Dalam sebuah proyek yang dinamakan proyek Pencakar Langit Electro Magnetika, Joseph Cory membuat sebuah struktur gedung yang saling mendukung satu sama lainnya dengan melalui kekuatan medan elektro magnetik.

Joseph Cory mengatakan :
"Dengan menggunakan medan magnet sebagai bahan konstruksi, gedung akan memiliki ekspansi tak terbatas, baik vertikal maupun horizontal, karena gedung terbebas dari gravitasi”.

Untuk proyek “gila” tersebut Joseph Cory menggunakan sebuah medan magnet sebagai bahan konstruksinya. Pada konsepnya gedung bangunan akan mengintegrasikan sebuah sistem energi yang built-in. Mulai dari penggunaan sel surya pada sisi dinding luar, hingga turbin yang mengubah angin menjadi energi, dan semua hal yang berkaitan dengan gedung tersebut.

Untuk menginisiasi ide inovatif yang di luar kewajaran ini, Geotectura melakukan kolaborasi antar-disiplin dengan desainer dan peneliti. Joseph Cory berniat untuk membawa Geotectura menjelajahi cakrawala baru tersebut.
Bagaimana hasilnya ?
Tunggu saja...
Lihat juga :

You may like these posts