-->

Ciri-Ciri Situs Lowongan Kerja Yang Bonafid Dan Dapat Dipercaya

Pada saat ini untuk bisa mencari dan mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak, boleh diibaratkan sebagai mencari jarum di antara tumpukan jerami. Sulitnya minta ampun.
Bisa dapat dengan mudah terlihat, pada setiap acara bursa lowongan kerja, jumlah pelamar kerja bisa dipastikan membludak, jauh melebihi daya tampung dan kapasitas lowongan kerja yang tersedia.
Hal ini bisa terjadi karena jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan orang yang sedang mencari kerja. Akibatnya “njomplang”.

Para pencari kerja berebut untuk bisa mendapat pekerjaan. Karena itu pula, saat ini juga marak dengan adanya situs-situs yang bergerak dalam bidang penyedia informasi lowongan kerja ( loker ).


Disamping sumber informasi lowongan kerja yang bersifat konvensional, seperti informasi lowongan kerja di koran , pengumuman di Depnaker atau pengumuman resmi dari perusahaan, situs-situs lowongan kerja semakin diminati. Sebab dengan memanfaatkan situs lowongan kerja seperti ini, para pencari kerja dapat dengan mudah, murah dan cepat memperoleh informasi lowongan kerja yang memang dibutuhkan.

Namun demikian dengan maraknya situs semacam ini dan juga karena banyak peminatnya, maka tidak menutup kemungkinan dengan adanya oknum situs ( yang menyamar ) sebagai situs lowongan kerja online, tetapi dengan tujuan untuk menipu para pencari kerja. Ataupun hanya sebatas untuk mendapatkan jumlah pengunjung ( trafik ) yang melimpah untuk situsnya.

Karena iu para pencari kerja yang memanfaatkan informasi kerja secara online harus berhati-hati dengan hal seperti ini. Untuk membedakan situs penyedia informasi lowongan kerja yang bonafid dan terpercaya dengan situs lowongan kerja ( yang mungkin ) menipu, para pencari kerja sebaiknya menngetahui beberapa cirinya.

Beberapa ciri umum situs penyedia informasi lowongan kerja atau disingkat situs lowongan kerja yang bonafid dan dapat dipercaya, antara lain :

● Dikelola secara profesional

Situs lowongan kerja yang bonafid dan dapat dipercaya umumnya dikelola secara profesional. Materi dan konten situs, memang semata-mata berisi dengan segala informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. Dan di belakangnya terdapat orang-orang yang profesional dan secara khusus mengelolanya.
Meski tidak mutlak, hal ini dapat dilihat dari alamat domain situs.
Situs lowongan kerja yang bonafid dan terpercaya umumnya bukan merupakan situs gratisan.

● Melakukan Login dan Pendaftaran Diri

Tidak mutlak juga, namun Situs lowongan kerja yang kredibel dan terpercaya umumnya mengharuskan para penggunanya untuk mendaftarkan diri dan melakukan login ketika akan mengakses informasi situs. Dengan tercatat sebagai anggota, situs biasanya akan mengirimkan informasi secara berkala kepada para penggunanya.

● Mengisikan data informasi diri

Selanjutnya, pengguna biasanya juga diberikan form untuk mengisikan data pribadi diri. Mulai nama, alamat, latar belakang pendidikan dan keahliannya. Tujuannya agar situs dapat mencari dan memberikan informasi yang tepat pada pengguna.

● Jaringan dan lingkupnya luas

Situs lowongan kerja yang bonafid dan terpercaya memiliki jaringan dan lingkup yang relatif lebih luas. Sebab mereka memang berupaya memberikan informasi lowongan kerja seluas-luasnya. Bahkan beberapa diantaranya yang menjalin kerja sama secara resmi dengan beberapa perusahaan.

● Informasinya selalu update

Karena itu pula, informasi lowongan kerja yang tersedia pada situs ini akan selalu baru dan terupdate. Karena memang ada orang-orang yang secara khusus yang bekerja menyediakan informasi ini.

● Menyediakan informasi dan tips yang berkaitan dengan pekerjaan

Tidak hanya semata-mata menyediakan informasi lowongan kerja, Situs lowongan kerja yang kredible dan terpercaya biasanya juga memberikan informasi dan tips-tips yang berkaitan dengan pekerja. Misalnya cara membuat surat lamaran kerja yang baik, cara pengiriman surat lamaran secara online, tips menghadapi wawancara, dan sebagainya.

Itulah beberapa ciri umum yang dapat digunakan untuk membedakan apakah sebuah situs lowongan kerja yang bonafid dan dapat dipercaya atau tidak.


Sebaiknya lihat juga :

You may like these posts