-->

Fujitsu Segera Luncurkan Smartphone Tahan Panas Meski Dipakai Seharian

Salah satu kelemahan terbesar dari perangkat smartphone / ponsel pintar yang ada saat ini adalah perangkat cepat menjadi panas ketika digunakan.

Memang ada banyak faktor – baik internal ataupun eksternal - yang dapat menyebabkan perangkat smartphone cepat menjadi panas.

Dan upaya yang bisa dilakukan agar smartphone tidak panas, pada umumnya adalah dengan melakukan langkah pencegahan, dengan cara “me-manage” tata cara penggunaannya.
Belum ada sebuah piranti khsusus yang tugasnya memang untuk mendinginkan perangkat ( seperti adanya kipas pendingin / fan pada computer atau laptop ).
Kalaupun ada perangkat khusus, inipun “baru” berupa sebuah software, yang tentu saja kinerja dan hasilnya akan jauh berbeda dengan perangkat keras.
Karena itulah masalah smartphone yang cepat panas, sampai saat ini dirasakan masih belum bisa diatasi secara maksimal.

Namun, apa yang selalu dikeluhkan oleh para pengguna Smartphone selama ini, sebentar lagi akan segera di atasi dengan tuntas.
Sebab, Fujitsu, salah satu perusahaan Jepang yang juga bergelut di bidang ini dengan “cerdas” telah “membaca” kelemahan utama dari perangkat smartphone ini.

Dikabarkan, Fujitsu baru saja meluncurkan sebuah inovasi terkini yang dianggap sebagai suatu langkah yang radikal dalam teknik pendinginan perangkat smartphone. Namun diklaim akan sangat efektif.
Mengapa dianggap radikal, tapi efektif ?

Ilustrasi mudahnya seperti ini :
Anda pasti tahu bukan, bagaimana sebuah sistem pendinginan sebuah mobil bekerja ?
Sebuah mobil dapat selalu dalam keadaan “dingin” berkat adanya Radiator. Panas yang dihasilkan oleh mesin mobil, diserap dan didinginkan oleh Radiator yang didalamnya berisi air.
Karena itulah mesin mobil panasnya dapat terjaga dan selalu “dingin” sehingga dan dapat bekerja secara optimal.

Oleh Fujitsu, Radiator seperti pada mobil inilah yang nantinya akan diterapkan pada perangkat smartphone. Hebat bukan ?
Tetapi bagaimana sebuah “radiator” bisa masuk ke dalam perangkat smartphone yang sedemikian kecil ? Bingung ?
Tentu saja “radiator” yang dimaksud untuk dimasukkan ke dalam perangkat smartphone ini bentuk dan ukurannya akan disesuaikan.


Radiator pada smartphone, yang oleh Fujitsu disebut dengan teknologi loop heat pipe ini nantinya akan berbentuk sebuah rangkaian khusus yang teramat kecil dengan ketebalan hanya 1 mm saja.
Dan di dalam loop heat pipe ini akan diberi dan dialiri dengan pendingin cair yang juga khusus.
Sistem pendingin loop heat pipe ini nantinya “ditanam” ke dalam perangkat smartphone.

Dengan demikian,panas yang dihasilkan oleh smartphone ketika digunakan akan diserap oleh Radiator smartphone yang cangih ini, dan kemudian didinginkan oleh cairan khusus yang mengalir di dalamnya, sehingga smartphone tidak menjadi panas meskipun dipakai seharian

.

Selain mampu menyerap panas secara efektif sehingga menjadikannya sebagai smartphone anti panas, Fujitsu mengklaim bahwa inovasi radikal terbarunya ini tidak akan menguras daya baterai.

Sehingga pengguna dapat tetap mengoperasikan perangkat smartphonenya lebih cepat dan menyenangkan. Hanya saja, inovasi Fujitsu ini masih mengembangkan teknologi ini.

Nantinya aplikasi canggih ini secara nyata baru bisa digunakan pada tahun 2017 mendatang.
Simak juga yang tak kalah canggihnya di bawah ini :

You may like these posts