-->

Dengan Internet Generasi Kelima Mampu Unduh 10 Film Hanya Dalam Waktu 1 Detik


Teknologi telekomunikasi seolah sedang berlomba dan sepertinya tidak mau kalah dengan gebrakan yang dilakukan Negara Rusia.

Sebagaimana diketahui baru-baru ini Angkatan Laut Rusia dikabarkan telah mulai mencanangkan proyek ambisius terbarunya, membuat kapal selam canggih generasi kelima.
Padahal selama ini, Angkatan Laut Rusia yang “hanya” ditulang punggungi oleh kapal selam generasi keempat saja sudah diakui dan ditakuti sebagai armada laut yang canggih di dunia.
Maka dapat dibayangkan betapa hebatnya jika kapal selam generasi kelima Rusia ini sudah menjelajahi lautan.

Teknologi telekomunikasi, saat inipun demikian halnya.
Jika sebelumnya dunia telekomunikasi “heboh” dengan adanya teknologi koneksi 4 G – yang diklaim merupakan koneksi internet tercepat saat ini dan anti lelet, dan bahkan belum bisa diterapkan secara luas – kini sudah “digebrak” lagi dengan adanya teknologi koneksi 5 G.
Maka bisa dibayangkan betapa hebat kecepatan koneksi 5 G ini ketika nanti diaplikasikan.
Yang jika dihitung-hitung secara gampangnya, anda akan dapat mengunduh 10 film sekaligus hanya dalam waktu satu detik saja, berbarengan dengan streaming beberapa acara televisi.

Jika teknologi 4 G konon ditemukan oleh putra Indonesia asli, maka untuk koneksi 5 G ini ditemukan oleh tim peneliti dari Pusat Inovasi Universitas Surrey, Inggris.
Untuk teknologi 4 G dapat dilihat di bawah ini :
> Terisnpirasi Dragon Ball, putra Indonesia kelahiran Kediri temukan teknologi 4G 

Sebagaimana dilansir dari laman Sciencealert, peneliti di Universitas Surrey, Inggris dikabarkan telah berhasil menemukan teknologi wireless dengan kecepatan 5G dari 1 Tb (1000 gigabyte) per detik.
Teknologi 5G atau disebut juga internet generasi kelima ini nantinya diharapkan dapat menggantikan teknologi 4G yang ada pada saat ini ( padahal teknologi 4G inipun belum bisa diterapkan secara luas di Indonesia ).
Pada teknologi 4G, kecepatan koneksi maksimal yang bisa dicapai “hanya” sebesar 5Mps.

Sebelumnya, para ahli memperkirakan jika kecepatan 50 Gpps akan dicapai pada jaringan 5G.
Namun, para peneliti dari Pusat Inovasi Universitas Surrey Inggris ini 5G telah berhasil mementahkan hipotesa ini. "Kami telah mengembangkan lebih dari 10 terobosan teknologi," ujar Rahim Tafazolli seperti dikutip laman Sciencealert.

Sedangkan pada tahun lalu, penyedia jasa internet di AS telah meluncurkan rumah internet tercepat dengan kekuatan 10 Gbps.

Hanya saja teknologi 5G ini masih dalam skala uji laboratorium, dan belum bisa diaplikasikan secara luas. Sebab pada uji laboratorium, teknologi 5G ini baru dilakukan hanya dalam jarak 100 meter, dengan menggunakan sebuah pemancar yang dibuat di kampus.
Untuk itulah tim kemudian sedang berupaya untuk membuat koneksi jaringan ke luar laboratorium.
Target, penelitian adalah selama dua tahun. Dan jika berhasil, teknologi baru ini diharapkan bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas pada tahun 2018.
Dan jika hal ini berhasil, maka teknologi 5G ini diperkirakan akan merubah manusia menggunakan perangkat mobile.

You may like these posts