-->

Benarkah Ponsel Dengan Teknologi Canggih Ultrasound Segera Diluncurkan ?

Pada saat ini, teknologi touchscreen atau layar sentuh sebenarnya sudah merupakan sebuah teknologi yang canggih dan terkini yang diaplikasikan pada ponsel.
Namun karena teknologi touchscreen saat ini juga sudah merupakan “bukan barang yang baru” maka para pengembang teknologi ( ponsel ) terus berupaya menemukan teknologi dan terobosan baru yang dapat diaplikasikan pada sebuah ponsel.
Dan ke depan, para pengguna dan penggila gadget ( ponsel, tablet dan sejenisnya ) sepertinya akan lebih dimanjakan lagi oleh para pembuat produk elektronik raksasa.
Pada sebuah pameran teknologi Ceatec, dipamerkan sebuh terobosan teknologi terkini yang akan diaplikasikan pada sebuah ponsel dan tablet, nantinya.

Teknologi baru yang mirip-mirip dengan yang ada di film-film action ini disebut dengan teknologi Ultrasound. Dengan teknologi terkini ultrasound ini akan memungkinkan sebuah ponsel dan tablet dikontrol hanya dengan suatu gerakan.

Teknologi ultrasound ini menggunakan suatu gelombang suara untuk menangkap gerakan tangan.


Perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah Elliptic Labs Norwegia.
Menurut pihak perusahaan, langkah untuk menggunakan “teknologi gerakan” pada ponsel diambil karena sebenarnya sudah muncul beberapa produk yang menggunakan teknologi serupa.
Karena itu Elliptic Labs Norwegia telah melakukan pembicaraan dengan sebuah perusahaan manufaktur ponsel di Asia untuk mengaplikasikan teknologi ultrasound ini, dan rencananya akan dapat diproduksi segera.

Pada teknologi sistem pengatur gerakan yang digunakan Elliptic, dapat digunakan dengan jarak sejauh 1 meter dari ponsel. Dan hal ini berarti lebih luas dari jangkauan yang ada di alat lain. Berbeda dengan system visual, karena menggunakan sistem suara maka sensor yang ada pada alat akan apat “ mengenal” gerakan, meski dari sudut jangkauan 180 derajat.

Hebatnya lagi dengan teknologi Ultrasound ini, alat juga bisa dioperasikan meski pada kegelapan dan hanya membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih sedikit.

Menurut Eric Forsstrom dari Elliptic Lab menyatakan bahwa alat untuk menangkap gerakan tubuh secara lebih leluasa diperlukan agar produk seperti ini dapat digunakan di ponsel dan tablet.

Pesaing dari Elliptic, yang bernama PrimeSense, yang mengembangkan sebuah alat pengontrol gerakan untuk konsol Kinect Microsoft, juga sedang berancang-ancang untuk mengembangkan teknologi ini untuk digunakan pada ponsel. Perusahaan ini menunjukkan bahwa sensor pada Kinect juga dapat digunakan dengan Nexus 10.

Yang dibawah ini tidak kalah menariknya :

You may like these posts