-->

Negara Mana Yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia ? Ini Peringkatnya

Konon, masa depan suatu negara sangat ditentukan oleh tingkat kualitas pendidikannya.
Semakin baik sistem pendidikan yang dilakukan, maka akan semakin besar peluang negara tersebut untuk maju, mengejar ketertinggalannya.
Jepang, adalah salah satu contoh konkritnya.

Meski negara matahari terbit - Jepang - ini terpuruk karena kekalahannya di Perang Dunia Kedua, namun berkat sistem pendidikan yang sangat baik, Negari Sakura ini kemudian melejit menjadi salah satu raksasa dunia yang sangat diperhitungkan.

Lihat juga :

Kemudian yang terakhir adalah Korea Selatan. Negara yang terkenal sebagai asal mula budaya K-Pop ini, perlahan tetapi pasti mulai menancapkan kekuatan dan pengaruhnya di dunia.
Bagaimana dengan Indonesia ?

Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada pemerintah dan departemen yang membidangi urusan pendidikan, dengan sistem pendidikan “yang masih seperti ini” – yang istilahnya, setiap ganti menteri, ganti kurikulum – sepertinya masih harus belajar banyak kepada negara-negara tersebut di atas.

Lalu, negara mana saja yang memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia ?

Yang cukup mengejutkan, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga edukasi dan perusahaan penerbitan Pearson, ternyata ada 4 negara di kawasan Asia yang menempati urutan terbaik dalam sistem pendidikan global.
Peringkat yang disusun oleh lembaga tersebut meliputi pendidikan tingkat tinggi dan tes sekolah internasional.

Dan berikut adalah Daftar Peringkat Negara Yang Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia menurut lembaga edukasi Perason

1. Korea Selatan
2. Jepang
3. Singapura
4. Hongkong
5. Inggris

Sementara itu Negara-negara yang memiliki peringkat pendidikan terbawah diantaranya adalah : Yunani, serta kelompok negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, Meksiko dan Brasil.

John Fallon sebagai Kepala Eksekutif Pearson, menekankan tentang adanya hubungan yang kuat antara meningkatkan keahlian dan pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Sebuah Riset pendidikan internasional terbaru yang dibuat untuk Pearson oleh Economist Intelligence Unit, menekankan bahwa kesuksesan sistem pendidikan Asia seperti di Korea Selatan, Singapura, dan Jepang yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi mereka.


Sedangkan dalam sebuah laporan dari A Learning Curve yang diterbitkan sebagai pelengkap mengatakan bahwa kesuksesan pendidikan Asia ini mencerminkan budaya bahwa baik guru dan murid sama-sama sangat dihormati, serta "guru, murid, dan orang tua, bersama-sama bertanggung jawab terhadap pendidikan."

Namun laporan tersebut juga mencatat bahwa keterampilan yang sangat berharga seperti kreativitas dan keahlian dalam memecakan masalah jauh lebih sulit untuk diukur dan dimasukkan ke dalam peringkat tersebut.
Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

You may like these posts