-->

4 Cara Mudah Untuk Mengecek Baterai Ponsel Rusak Atau Tidak ?

Salah satu masalah pada baterai yang paling sering dialami oleh para pengguna ponsel – apapun poselnya – adalah baterai ponsel yang cepat habis, baterai ngedrop atau bahkan mati sama sekali. Bagi yang ambil gampangnya, dan kebetulan punya banyak uang, paling langsung buang, beli baru. Masalah selesai.
Hanya saja tidak semua orang beruntung ( punya banyak uang ). Bahkan jika punyai banyak uang sekalipun, sebenarnya saying, karena belum tentu baterai ponsel anda yang rusak.

Nah sebelum memutuskan apakah baterai ponsel anda benar-benar rusak atau tidak, tidak ada salahnya anda gunakan 4 Cara Mudah Untuk Mengecek Baterai Ponsel. Apakah benar-benar rusak atau tidak.

Ini keempat caranya :

1. Periksa kondisi baterai secara visual

Keluarkan baterai dari ponsel. Jika terlihat menggelembung, atau berubah bentuk secara drastis, terdapat korosi parah pada terminal metal, serta ada bercak putih atau hijau, baterai ponsel anda memang sedang mengalami kerusakan atau sekurangnya, menurun kemampuannya.

2. Lakukan tes putar

Caranya sederhana, letakkan baterai ponsel pada permukaan yang rata, di atas kaca sebaiknya. Lalu putar. Jika baterai dnegan sangat mudah berputar, itu artinya baterai ponsel anda dalam keadaan tidak normal. Sebab jika baterai sangat mudah berputar berarti baterai ponsel telah menggelembung.
Sehingga kemampuan ( simpannya ) menurun.

Sedikit tips :
Jangan biarkan baterai ponsel dalam keadaan kosong terlalu lama. Dan jangan juga men-charge baterai ponsel terlalu lama, sehingga over heat atau kepanasan. Karena bisa berakibat jadi menggelembung.

3. Cek dengan Aplikasi

Pada ponsel keluaran terbaru, terutama smatrrphone biasanya dilengkapi aplikasi untuk maintenance baterai. Jalankan aplikasi baterai dan lihat laporannya.
Secara umum , kapasitas baterai biasanya akan turun sebesar 20 persen setelah 500 kali pengisian.

4. Gunakan Menu servis pada Android

Bagi pengguna Android, coba akses *#*#4636#*#*, lalu masuk ke menu servis di mana terdapat informasi rinci soal kapasitas baterai.

Dengan keempat cara mudah di atas, anda dapat menentukan apakah baterai ponsel anda benar-benar rusak atau tidak.
Lihat juga :

You may like these posts