-->

Bahaya Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan, Bisa Sebabkan Kebutaan

Sebuah teknologi selalu bagaikan sekeping mata uang logam. Selalu ada sisi positifnya, dan ada juga sisi negatifnya. Dalam hal ini termasuk juga ponsel pintar atau smartphone.
Tentang sisi positif dari smartphone, tentu sudah tidak perlu dibahas lagi, Karena semua orang telah mengetahuinya. Begitu besar kegunaan dan manfaat smartphone dalam aktivitas manusia sehari. Dengan smartphone – istilahnya – “manusia bisa melakukan semuanya, hanya dalam sesaat”.
Karena itulah smartphone kemudian menjadi salah satu piranti teknologi yang paling digemari di dunia.

Namun karena hal itu pula, beberapa orang menjadi “kecanduan” untuk selalu menggunakan smartphone secara berlebihan. Padahal smartphone juga ada segi negatifnya.

Beberapa waktu lalu, penelitian dari para ahli menyatakan bahwa sinyal dari smartphone diduga kuat sebagai penyebab timbulnya kanker.

Penyelidikan lainnya menyatakan bahwa ponsel bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan sperma pria. Dapat dilihat disini :

Dan sepertinya daftar sisi negatif dari penggunaan ponsel atau smartphone akan bertambah panjang lagi.

Baru-baru ini para dokter mata menyatakan bahwa orang yang kecanduan menggunakan smartphone akan terancam resiko kerusakan mata.

Dan pada tahapan tertentu, yaitu pada penggunaan yang berlebihan bahkan akan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan mata secara permanent, atau kebutaan.
Namun dalam hal ini bukan karena penggunaan smartphone saja, melainkan pada penggunaan perangkat sejenis lainnya, misalnya penggunaan komputer, tablet dan TV layar datar.

Pernyataan dokter mata tersebut diberikan setelah melakukan survei pada 2.000 orang.
Pada penelitian yang dilakukan dinyatakan bahwa orang-orang yang berusia di bawah 25 tahun atau para remaja bahkan selalu mengecek ponsel mereka sebanyak 32 kali dalam setiap harinya !

Sebagaimana dilansir dari laman BBC Indonesia, Dokter mata Andy Hepworth mengatakan bahwa, "Cahaya biru violet sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata Anda. Jadi dalam waktu tertentu, hal itu akan merusak mata Anda”.
"Ketika Anda melihat ke ponsel, cahaya yang terpancar adalah biru violet."

Dokter Hepworth juga mengatakan bhawa uji coba telah dilakukan menemukan bahwa paparan berlebih terhadap cahaya biru violet akan berpotensi mengakibatkan terjadinya gangguan degenerasi ofmacular yang menyebabkan kebutaan.

"Meski kita tidak tahu apakah ada kaitan langsung dengan gangguan mata, tapi bukti lab sangat kuat menyatakan bisa,"
"Penyebabnya adalah kombinasi dari tidak cukup berkedip dan melihat alat itu lebih dekat dari biasanya yang membuat mata bekerja keras”, tambah Dokter Hepworth lebih lanjut.

Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

You may like these posts