-->

Koala Lucu Ini Kok Sangat Suka Mendekap Pohon. Apa Sebabnya ?

Terakhir ada pemberitaan unik dari negeri tirai bambu, Cina. Dikabarkan ada seekor anak Panda di salah satu kebun binatang yang lucu, Bao-Bao namanya yang tiba-tiba naik tinggi ke atas pohon dan tidak mau turun. Dibujuk dengan cara apapun oleh pawangnya, Bao-Bao tetap saja mendekap batang pohon tersebut sepanjang hari. Tetap ogah turun. Padahal pada kondisi yang normal, seharusnya Panda lebih suka hidup di atas permukaan tanah daripada di atas sebatang pohon.

Selidik punya selidik, Bao-Bao ternyata sedang trauma.
Pasalnya, secara tidak sengaja kakinya terkena aliran strum dari kabel listrik yang berfungsi sebagai pagar pengaman.
Para pawang akhirnya mengalah harus mengeluarkan induk Bao-Bao untuk menemaninya. Sampai berita tersbut diturunkan, Bao-bao belum juga mau turun dari pohon dan terus mendekap batangnya.

Perilaku unik dari binatang lucu yang mendekap pohon ini ternyata juga dilakukan oleh binatang lucu yang berasal dari Australia, Koala. Bedanya, jika si anak panda lucu Bao-Bao naik dan mendekap pohon karena trauma, maka pada Koala justru karena memang sangat menyukainya.

Tahukah anda, mengapa Koala sangat suka mendekap batang pohon ?

Kebiasaan binatang lucu Koala yang sangat suka mendekap batang pohon ini ternyata sangat berkaitan dengan pengaturan suhu tubuhnya.

Menurut sebuah kajian yang dirilis dalam jurnal Biology Letters disebutkan bahwa karena suhu tubuhnya yang relatif tinggi maka Koala dengan sengaja mendekap batang pohon untuk mengalihkan panas tubuhnya. Dengan mendekap batang pohon yang memiliki suhu lebih rendah dibandingkan dengan suhu tubuhnya maka Koala dapat mendinginkan tubuhnya.

Kajian tersebut didasari dari hasil pengamatan yang dilakukan sepanjang tahun oleh salah seorang mahasiswi doktoral, Natalie Briscoe.
Menurut Briscoe, binatang Koala akan naik ke bagian atas pohon selama musim dingin.
Dan sebaliknya, hewan lucu ini akan turun menuju ke bagian bawah pohon selama musim panas.

Sementara itu, Dr Michael Kerney dari Universitas Melbourne menjelaskan:
“Sepintas mereka terlihat tidak nyaman dan sepertinya ada yang salah.”
Namun, dengan mendekap batang pohon justru bisa memberi kenyamanan kepada koala. Sebab ketika suhu udara mencapai 39 derajat Celsius, maka suhu pohon tujuh derajat lebih rendah.

Dan untuk membuktikan kajian tersebut, tim peneliti kemudian memfokuskan sebuah kamera pembaca panas atau kamera thermal kepada gerak-gerik tubuh koala ketika kondisi udara sedang panas.
“Saat kami melihat foto, jelaslah apa yang dilakukan koala.
Anda bisa melihat bahwa koala mendekap bagian pohon yang paling dingin,” kata Dr Kearney menjelaskan hasil tangkapan kamera panasnya.

Menurut Dr Kearney lebih lanjut, sebatang pohon besar mempunyai iklim mikro. Dan hal ini akan menjadi sangat penting bagi hewan yang hidupnya tinggal di pohon layaknya Koala, mengingat suhu global diprediksi akan semakin naik akibat terjadinya perubahan iklim.

Pada pernyataan terpisah.
Dr Justin Welbergen dari Universitas James Cook University memperkuat analisis Dr Kearney. Dr Welbergen mengatakan bahwa peranan pohon-pohon besar sangatlah krusial bagi keberlangsungan hidup beberapa binatang, dalam hal ini termasuk koala.

Lihat juga :

You may like these posts