-->

Mencairkan Cek Dengan Ponsel

Berkat kemajuan teknologi, aktivitas dan kegiatan manusia semakin dipermudah. Dalam hal ini termasuk dalam dunia perbankan.

Tak lama lagi para nasabah tidak perlu lagi harus repot-repot datang ke bank untuk mencairkan sebuah cek. Namun cukup dengan memencet-mencet tombol telepon genggam, selesai sudah. Pencairan cek telah terlaksana. Kini mencairkan Cek bisa dilakukan dengan Ponsel.


Dikabarkan, Pemerintah Inggris sedang menimbang meminta pendapat tentang sebuah praktek perbankan yang terbaru. Sebab jika trencana ini disetujui maka ada beberapa dasar hukum yang harus segera disesuaikan.

Sistem perbankan yang terbaru yang dimaksud adalah pencairan cek elektronik, dimana para nasabah bank dapat memanfaatkan telepon genggam untuk membayarkan cek ke dalam rekening dengan cara mengambil foto (cek) lewat ponsel.

Dengan cara yang sangat praktis ini nasabah tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke bank. Namun cukup dengan memotret cek yang dipegangnya, kemudian mengirim permintaan tunai secara elektronik
Dengan memanfaatkan teknologi online seperti ini, nantinya sebuah cek bisa dicairkan hanya dalam waktu dua hari, bukan enam hari seperti yang saat ini terjadi.
Selain itu dengan pengiriman uang (transfer) dengan seperti ini dinilai akan menjadikan sebuah transaksi keuangan lebih sederhana serta lebih aman.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Direktur Utama Bank Barclays, Antony Jenkins mengatakan : "Beranjak menuju dunia virtual berarti memberi nasabah pengalaman transaksi yang lebih aman dibanding dengan metode kertas yang sekarang ada,"
Barclays sendiri telah berencana untuk menggelar sebuah proyek percobaan untuk pembayaran cek lewat ponsel ini pada April 2014 lalu.

Namun seandainya aplikasi ini sukses, dikhawatirkan timbul permasalah baru, diantaranya: bagaimana dengan nasib bank-bank cabang ?

Sebab dengan adanya teknologi pencairan cek lewat ponsel maka dipastikan para nasabah akan semakin banyak yang beralih ke transaksi perbankan lewat komputer dan ponsel.

Selanjutnya agar metode ini dapat dilaksanakan, sebuah aturan baru yang diberi nama Check 21 – dibuat, agar bank dapat memproses cek secara elektronik, dibanding memproses secarik kertas yang harus dibawa kemana-mana.
Dengan cara ini, pemerintah Inggris meyakini perubahan aturan dalam Undang Undang di Inggris terkait praktek ini juga akan mendorong penggunaan cek selanjutnya.

Sebelumnya Dewan Pembayaran Inggris pernah berniat menghancurkan semua metode pembayaran dengan cek pada 2018, namun terpaksa mengubah sikap karena tentangan publik.
Tercatat pada tahun 2012 lalu, 10% dari semua jenis pembayaran di Inggris yang dilakukan perseorangan dilakukan lewat cek, sedangkan 25% pembayaran dengan cara itu dilakukan kelompok bisnis.

Sebenarnya, teknologi serupa – pencairan cek lewat ponsel – sudah pernah diperkenalkan di Amerika Serikat sembilan tahun lalu, setelah terjadi serangan ke gedung World Trade Centre.
Lihat juga :

You may like these posts