-->

Ahli Temukan Kuburan Gladiator Terbaik Di Dunia

Sudah pernah melihat film Gladiator bukan ?

Film box office yang meledak di pasaran dan dibintangi oleh Russel Crowe ini menceritakan tentang kisah pilu para Gladiator.
Sebab para Gladiator adalah ( umumnya ) para budak yang dipaksa harus bertarung antara hidup dan mati. Antar sesama Gladiator sendiri atau bahkan bertarung hidup mati melawan binatang buas, biasanya harimau atau singa.
Ironisnya, mereka bertarung untuk tontonan dan kesenangan belaka.

Dan ironisnya lagi, Gladiator menjadi acara yang paling popular dan merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Romawi yang paling terkenal.
Hingga situs-situs peninggalan Gladiator sangat diminati dan “diburu” ( untuk ditemukan ).


Nah baru-baru ini, sebagaimana dilansir dari laman BBC, para Ahli arkeologi di Inggris utara dikabarkan telah menemukan situs penguburan para gladiator Romawi, yang diklaim sebagai dalam keadaan terbaik di dunia. Ironisnya, dalam “kuburan gladiator terbaik” tersebut ternyata terdapat lebih dari 80 kerangka. Yang sebagian besar dipotong.

Meski hampir semua kerangka menugindikasikan bekas tubuh milik para pria yang bertubuh besar dan kuat, namun sebagian dari mereka meunjukkan tanda luka-luka. Termasuk adanya luka bekas pukulan palu pada bagian tengkorak.

Tim Arkeolog juga menemukan bagian-bagian tulang kerangka yang tidak simetris. Kerangka yang ditemukan juga menunjukkan adanya lengan yang lebih panjang.
Yang menurut para ahli, hal ini sesuai dengan laporan-laporan mengenai Romawi kuno yang menunjukkan bahwa akibat kegiatan-kegiatan pelatihan dengan menggunakan senjata sejak usia dini, gladiator memiliki satu tangan yang lebih banjang dari pada tangan yang satu lagi.

Kuburan gladiator terbaik di dunia yang ditemukan oleh para arkeolog tersebut berada di kota York, Inggris, yang merupakan benteng Romawi ketika Romawi mulai menaklukkan Inggris di akhir abad pertama. York pada periode selanjutnya kemudian menjadi sebuah kota provinsi.

Lihat juga :

You may like these posts