-->

3 Cara Berkendara Yang Ampuh Menghemat Bahan Bakar

Ada 3 cara berkendara yang benar dan mudah yang bisa dilakukan oleh para kendaraan - baik motor ataupun mobil - dimana dengan melakukan 3 cara berkendara tersebut, anda bisa menghemat pemakaian bahan bakar.

Ketika harga bahan bakar ( bensin ) terus naik, dan naik dari waktu ke waktu, daripada berkeluh kesah, akan lebih bijaksana jika melakukan upaya-upaya untuk melakukan penghematan bahan bakar.
Ada sekian banyak usaha yang dapat dilakukan untuk melakukan penghematan bahan bakar.
Salah satunya adalah dengan cara berkendara yang benar.

Dengan alasan-alasan tertentu, Anda mungkin sering melihat “ulah” para pengemudi yang memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Namun tahukah Anda, bahwa memacu kendaraan pada kecepatan diatas kecepatan rata- rata ternyata malah menjadikannya boros bahan bakar ?
Sebab pada kecepatan tinggi, akan menguras bahan bakar kendaraan lebih cepat dari pada yang seharusnya. Belum lagi resiko kecelakaan yang harus ditanggung.

Untuk mengatasi resiko boros bensin saat berkendara, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana, yang mungkin bermanfaat bagi Anda.


1. Berkendara dengan kecepatan konstant

Cara pertama ini sebenarnya amat sangat sederhana.
Namun terkadang cukup sulit, terutama bagi Anda yang memiliki jiwa pembalap. Jagalah agar berkendara dengan laju kendaraan tetap konstan.
Setiap kali hendak pindah gigi, sebaiknya diusahakan agar kisaran RPM ( kecepatan putar mesin ) mobil berada pada kisaran angka 3000-4000 (untuk kendaraan bensin) dan 2500-3500 (untuk yang berbahan bakar solar).
Dengan nilai RPM tersebut, bahan bakar bensin atau solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama untuk menjalankan kendaraan juga akan ’dibakar’ dengan jumlah konstan.

2. Berkendara pada jalanan yang tidak rata

Untuk berkendara pada jalanan yang menanjak, masalah kecepatan dan RPM mesin merupakan hal yang utama yang harus diperhatikan, seperti di atas.
Sementara untuk jalanan yang menurun, ketika melakukan pengereman atau menggunakan rem, juga harus dilakukan secara konstan.
Rem yang diinjak harus seimbang, dan jaga supaya RPM tidak melebihi batas yang ditentukan (salah satu caranya adalah dengan memindahkan persneling).
Selain itu, mainkan gigi mobil Anda supaya kecepatan dan laju RPM konstan. Terlalu banyak melakukan pengereman juga akan menjadikan boros bahan bakar.

3. Perhatikan ketika harus membuka kaca mobil

Sering kali ketika melakukan perjalanan jauh atau juga perjalanan jarak dekat, ( terutama ketika mobil tidak dilengkapi oleh AC / peralatan pendingin), sering kali pengemudi atau penumpang membuka jendela mobil. Maksudnya agar supaya udara sejuk mengalir masuk atau melakukan pergantian udara.
Tetapi sebaiknya jangan salah. Seandainya harus membuka kaca mobil, usahakan agar jangan hanya membuka pada satu sisi saja, melainkan buka pada kedua sisinya (kiri dan kanan).
Dengan membuka kaca jendela pada satu sisi saja, maka sirkulasi udara hanya akan berjalan masuk dalam satu arah. Sehingga dengan sendirinya malah akan menghambat kecepatan laju kendaraan.
Otomatis, bahan bakar akan lebih banyak dikuras.

Meski ketiga cara tersebut terlihat sangat sederhana, namun ternyata cukup berguna untuk melakukan langkah-langkah penghematan bahan bakar. Dan faktanya pula, mungkin karena terlihat terlalu sederhana, cara tersebut justru sering diabaikan.

Lihat juga :

You may like these posts