-->

Tip Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Secara Aman Menjelang Lebaran

Artikel singkat tentang Tip Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Secara Aman Menjelang Lebaran ini mungkin bisa berguna bagi anda yang pada hari raya tahun ini berencana pulang ke kampung halaman.

Telah menjadi adat kebiasaan masyarakat Indonesia selama ini, mudik atau pulang kampung tetap dilakukan menjelang lebaran atau hari raya.
Bahkan melihat frekwensinya dari tahun ketahun, pemerintah sampai turun tangan memfasilitasi hal ini. Beberapa langkah nyata telah dilakukan untuk mengantisipasi dan mengatasi hal ini. Mulai dari menambah jumlah sarana transportasi, mulai dari sarana transportasi darat, laut dan udara, sampai pada menyediakan fasilitas mudik gratis. Dan demi kenyamanan dan kemanan para pemudik pula, pemerintah sangat menyarankan untuk mudik dengan menggunakan fasilitas transportasi umum.

Namun karena beberapa alasan, beberapa orang tetap memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi menjelang lebaran.
Namun, mengingat situasi kondisi jalan raya yang semakin tidak aman, ada baiknya jika para pengemudi harus ekstra hati- hati saat berkendara.
Sebab tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab terhadap para pengendara yang sedang lengah, meskipun di tempat- tempat ramai.

Oleh sebab itu, ketika anda telah memutuskan untuk mudik dengan menggunakan kendaraan sendiri ada baiknya jika anda memperhatikan Tip Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Secara Aman Menjelang Lebaran di bawah ini :

● Setiap meninggalkan mobil di tempat parkir entah itu di tempat yang ramai – terlebih yang agak sepi – selalu pastikan agar pintu dan kaca jendela mobil terkunci dengan benar dan rapat. Beberapa orang yang melakukan kesalahan tidak mengunci pintu mobil ( karena beranggapan akan ditinggal sebentar saja ) sering diakhiri dengan hilangnya barang-barang berharga yang disimpan di dalam mobil. Dan jangan lupa, meski anda telah yakin mengunci, tidak ada salahnya memeriksanya sekali lagi.

● Jangan pernah membuka kaca jendela mobil secara penuh, kecuali jika kendaraan Anda melaju cukup kencang.
Kaca jendela mobil yang terbuka penuh sering mendorong dan memberi kesempatan pada orang-orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan. Sudah banyak kasus terjadi adanya penodongan yang dilakukan di trafik light karena pintu jendela yang terbuka lebar. Seandainya kaca jendela tertutup rapat , belum tentu ia berani melakukannya. Sehingga resiko bisa dikurangi

● Jangan meninggalkan barang-barang yang berharga dalam mobil disaat meninggalkan mobil.
Dan jangan pula menempatkan barang barang tersebut di tempat- tempat yang mencolok dan mudah terlihat dari luar mobil. Sebab hal ini seperti “mengundang” tindakan kejahatan.

● Jangan lupa pula untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat, meski ala kadarnya.
Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda seandainya suatu saat terpaksa harus mempertahankan diri dari penjahat.
Simak juga :

● Saat berhenti di perempatan yang ditengarai rawan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan depan.
Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Anda bisa tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang, jangan pernah berhenti di tempat sepi, karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan anda.

● Dan terakhir, jangan sungkan untuk masuk menuju ke pos atau kantor polisi terdekat jika seandainya selama mengemudi anda merasa kurang aman.

Selamat bermudik ria. Semoga selamat sampai tujuan, berkumpul dengan keluarga.
Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramaddhan.
Selamat Hari raya Iedul Fitri.
Mohon maaf lahir batin.


Simak juga :

You may like these posts