Kereta Api Wisata Untuk Wisata Unik Indonesia

Kereta Api Wisata Untuk Wisata Unik Indonesia


Indonesia sudah terkenal akan keaneka ragaman budayanya. Juga terkenal dengan kekayaan keindahan alamnya. Itulah sebabnya begitu banyak tempat di Indonesia yang dapat dijadikan tujuan wisata. 
Untuk mempopulerkan dan meningkatkan arus wisata Indonesia, disamping promosi dan penyediaan fasilitas oleh instansi yang terkait, upaya serupa juga dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia ( KAI ). 
Bahkan yang ditawarkan oleh PT. KAI ini terbilang sebagai wisata unik di Indonesia. 

Untuk menunjang kepariwisataan Indonesia, PT. KAI menawarkan pelayanan carter kereta khusus wisata yang juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk rapat, pesta pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya. 

Pelayanan carter kereta wisata ini juga melayani untuk berbagai kota tujuan. 
Untuk pelayanan kereta wisata ini, PT. Kereta Api Indonesia menyediakan tiga buah kereta wisata, dengan nama : 
1. Nusantara 
2. Bali 
3. Toraja 
kereta api wisata indonesia

Pada penggunaannya ketiga kereta wisata ini dapat dirangkaikan pada Kereta Api Reguler yang dilengkapi dengan kereta pembangkit atau listrik dengan kekuatan minimal 300KVA, antara lain : KA Argobromo Anggrek, Argo lawu, Dwipangga, Argo Muria, Argo Gede, Bima dan Sembrani. 

Sebagai gambaran sekilas, informasi tentang kereta wisata yang disediakan oleh PT. KAI adalah sebagai berikut : 

Kereta Wisata Nusantara 
Disebut kereta wisata Nusantara karena desain interior dan segala pernak - perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau nusantara, sehingga bila kita berada di dalam kereta ini dapat menikmati desain interior yang bernuansa nusantara. 
Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk ekslusif untuk 19 orang. 
Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel. 
Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi Audio, Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (Toilet) juga tersedia di dalam kereta ini 

img src : www.kereta-api.co.id
kereta api wisata bali
Kereta Wisata Bali 
Kereta ini interiornya di desain dan dilengkapi dengan ukiran dan lukisan yang bernuansa Pulau Dewata Bali. Bagi para turis yang menggunakan kereta ini sudah mendapat gambaran baik seni, budaya maupun keindahan pulau Bali. 
Melalui lukisan dan ukuran yang ditata dengan rapih dan apik dalam kereta. 
Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 memiliki 22 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk terletak di Meeting Room dab 6 tempat duduk diruangan khusus (kabin). 
Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini. 

Kereta Wisata Toraja 
Kereta wisata Toraja yang bernomor seri S67802 ini memiliki kapasitas 22 tempat duduk ekslusif, 16 tempat duduk di Meeting Room dan 6 tempat duduk diruang khusus (kabin) serta dilengkapi Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video, pendingin ruangan (AC). 
Dinamakan Kereta Wisata Toraja karena desain interior serta ukiran dan lukisan di sekitar dinding kereta menggambarkan seni dan budaya daerah Toraja. 

Selain ketiga layanan di atas, PT. KAI juga menyediakan layanan kereta wisata lainnya, yaitu : 

Kereta Api Wisata dan Museum Ambarawa 
Untuk kereta api wisata informasinya dapat dilihat pada halaman berikut : 

Lori Wisata Kaliraga 
Lori Wisata Kaliraga (Kalibaru-Mrawan-Garahan,pp), inilah paket wisata yang ditawarkan PT.KAI (Persero) wilayah Daop 9 Jember. Dengan biaya sewa Rp. 500 ribu, lori ini bisa mengangkut 8 orang. 
Anda dapat menikmati tempat paling eksotik agrowisata perkebunan kopi, cokelat, hutan pinus dan panorama Gunung Gumitir. 
Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 2.500,- Anda dapat menikmati kuliner nasi pecel pincuk Garahan sembari istirahat sejenak di Stasiun Garahan. Lori Wisata ini berangkat dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan dan berakhir di Stasiun Garahan, dan kembali lagi. 
Wisatawan dapat melihat langsung dan melintasi 2 terowongan kereta api yaitu Terowongan Garahan (113m) dan Terowongan Mrawan (690m). 

KA Danau Singkarak 
Perjalanan tiga jam tak terasa melelahkan manakala melewati Danau Singkarak dari Padang Panjang menuju Sawahlunto. 
Danau di Sumatera Barat yang terkenal akan keindahannya. KA ini beroperasi secara reguler setiap hari Minggu, namun KA ini juga bisa dicarter sesuai keinginan. 
Setiap operasinya, KA ini terdiri dari 3 kereta ekonomi, 1 kereta makan dan pembangkit, serta 1 kereta eksekutif berjenis IW-2. 
Beberapa fasilitas kereta ini diantaranya adalah minibar, pendingin ruangan (AC), kursi yang nyaman, dan toilet yang bersih. Total, 240 tempat duduk yang tersedia dalam 1 rangkaian KA Wisata Danau Singkarak ini.

Share this:

Disqus Comments