-->

WAJIB TAHU ! Produk PERTAMINA Ini Dapat Menghemat Bensin

Ada baiknya anda tahu produk PERTAMINA yang satu ini. Sebab produk PERTAMINA ini dapat menghemat bensin.

Ketika harga BBM naik beberapa waktu lalu, muncul sebuah joke : “ Bagaimana caranya agar kendaraan bisa irit bensin saat BBM naik seperti ini ?”

Jawabannya ternyata sangat sederhana : “ Supaya kendaraan menghemat pemakaian bensin, coba saja jalankan kendaraan tanpa bensin ! “
Meski sebuah joke, ternyata jawaban tersebut mengena juga.
Sebab jika tidak menggunakan bensin, pasti kendaraan akan akan hemat atau irit bensin.
Tapi, memangnya bisa, sebuah kendaraan berjalan tanpa menggunakan bensin ( atau BBM sejenis ) ?

Faktanya dan ini jarang diketahui oleh khayalak umum, nyatanya bisa.
Sebab ternyata PERTAMINA sebenarnya memiliki produk lain selain produk bahan bakar minyak yang telah populer selama ini.

Produk PERTAMINA yang dapat menghemat bensin ini adalah Bahan Bakar Gas atau disingkat BBG untuk kendaraan.

Sebagian dari anda mungkin penasaran, apa saja sih BBG yang telah diliuncurkan oleh PERTAMINA ?

Dan ini dia beberapa produk bahan bakar gas ( BBG ) untuk kendaraan yang telah diluncurkan PERTAMINA :

● PERTAMINA ENVOGAS

BBG ini sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan oleh Pertamina, yaitu pada tahun 1986 dan 1992 melalui adanya program Langit Biru. Dan pada tanggal 10 Desember 2012 lalu diluncurkan dengan brand baru, Envogas.
Penggunaan brand baru, Envogas, ini adalah salah satu bentuk aktualisasi semangat Pertamina untuk terus melakukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

Apakah Envogas itu ?

Envogas adalah produk CNG atau Compressed Natural Gas atau Gas Alam Terkompresi.
Envogas diperoleh melalui proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan sebesar 200 s/d 275 BAR.

Yang menjadikan Envogas relatif aman adalah, karena komposisinya merupakan gas metana (CH4), CNG akan terlepas ke udara seketika , saat terjadi kebocoran karena zat ini lebih ringan dari udara.
Pada saat digunakan untuk pembakaran mesin, CNG akan menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah dibanding dengan Bahan Bakar Minyak, yaitu hanya 1/3 kadar emisi BBM.
Selain itu kandungan oktan (RON – Research Octane Number), CNG Envogas juga tinggi yaitu sebesar 120. Itulah sebabnya pada penggunaannya sebagai bahan bakar kendaraan, CNG Envogas juga relatif lebih bersih dan ramah ingkungan bila dibanding Bahan Bakar Minyak. Mesin kendaraan juga akan lebih awet dengan perawatan yang efisien.

Berapa Harga Envogas ?
Harga Pertamina Envogas untuk sektor transportasi saat ini ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp 3,100/Lsp

● PERTAMINA Vi-Gas

Pertamina Vi-Gas ini hampir mirip dengan Elpiji.
Vi-Gas juga merupakan turunan dari LPG yang dinamakan LGV (Liquefied Gas for Vehicle) dengan komposisi campuran Propane dan Butane.

Vi gas dikemas dalam tabung yang berfungsi juga sebagai tangki bahan bakar.
Dengan demikian, Vi-Gas akan cocok digunakan untuk kendaraan kecil, entah itu kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Vi-Gas mempunyai tekanan yang rendah, sehingga pada penggunaannya relatif tidak berbahaya, selama memperhatikan panduan keselamatan penggunaannya.
Penelitian juga membuktikan bahwa penggunaan Vi-Gas lebih hemat dari penggunaan BBM, sehingga biaya operasional kendaraan dapat ditekan.

Sebagai informasi, penggunaan LGV sebagai bahan bakar kendaraan sudah cukup popular di beberapa negara lain. Misalnya Australia, Korea, serta negara-negara Eropa.
Hal ini dikarenakan, harga BBM yang makin tinggi dan dengan rendahnya emisi LGV merupakan faktor utama yang membuat konsumen lebih memilih menggunakan LGV daripada BBM.
Dalam istilah internasional, BBG ( bahan bakar gas ) juga dikenal dengan nama CNG (Compressed Natural Gas).

Sedangkan bahan bakar gas untuk rumah tangga ( selian Elpji ) infonya dapat disimak di bawah ini :

You may like these posts