-->

Informasi Penting Seputar Beasiswa Bidikmisi 2014

Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk lebih memeratakan dan meningkatkan pendidikan, pada tahun 2014 ini, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( kemdikbud ) memberikan kuota sebanyak 70 ribu orang untuk program Bidikmisi.

Dimana kuota Bidikmisi sebesar itu, nantinya diperuntukan untuk mahasiswa- mahasiswa baru yang diterima melalui jalur seleksi SNMPTN dan kemudian SBMPTN.

Dan kedepan, nantinya ada juga kesempatan untuk mahasiswa yang masuk universitas melalui jalur mandiri.

Dimana mahasiswa-mahasiswa baru yang diterima melalui jalur di atas, siapapun dapat dan berhak menerima besasiswa dari pemerintah dari sebagian kuota Bidikmisi, selama persyaratan yang telah ditentukan terpenuhi.
Pada program penerimaan mahasiswa baru di tahun ajaran 2014 ini, langkah pencatatan kepada para mahasiswa calon penerima Beasiswa Bidikmisi juga dilaksanakan.

Dan berdasarkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2014 yang telah diumumkan secara terbuka beberapa waktu lalu, jumlah mahasiswa yang dinyatakan lolos sebagai calon penerima bea siswa pemerintah / Bidikmisi ini adalah sebanyak 16.472 orang atau sebesar 20,35 persen dari total peserta SBMPTN tahun 2014 yang dinyatakan telah diterima.
Dari jumlah angka tersebut, tercatat terdapat sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) sebagai penerima beasiswa bidikmisi 2014 terbanyak.

Kesepuluh daftar Perguruan Tinggi Negeri atau PTN yang merupakan penerima bea siswa Bidikmisi terbesar berturut-turut adalah

1.Universitas Trunojoyo (895)
2.Universitas Negeri Semarang (801)
3. Universitas Negeri Malang (711)
4.Universitas Negeri Gorontalo (711)
5.Universitas Brawijaya (662)
6.Universitas Andalas (624)
7.Universitas Sebelas Maret (598)
8.Universitas Haluoleo (566)
9. Universitas Riau (534)
10. Universitas Pendidikan Indonesia (519).

Sebagai langkah terakhir, bagi peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus nantinya akan dilakukan verifikasi data ekonominya oleh tim khusus yang ditunjuk oleh PTN dimana mereka diterima. Untuk melakukan verifikasi data ekonomi ini, nantinya tim verifikasi akan melakukan juga kunjungan ke alamat peserta guna memastikan bahwa beasiswa tersebut benar-benar tepat sasaran.

Lebih lanjut, apabila membutuhkan informasi penting seputar Bidikmisi anda dapat melihatnya melalui website resmi Bidikmisi di

http://bidikmisi.dikti.go.id/.

Dengan adanya program Bidikmisi ini tentu sangat bermanfaat, Terutama bagi keluarga atau mereka yang kemampuan untuk melanjutkan kuliah tetapi terkendala soal biaya. Dan semoga saja, program ini dapat terus berjalan di tahun-tahun setelahnya.

Simak juga :
> Tata cara praktek kerja lapangan (PKL ) di Pertamina untuk mahasiswa

You may like these posts