Beberapa Informasi Penting Tentang Bright Gas

Beberapa Informasi Penting Tentang Bright Gas


Sebagaimana telah diketahui, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014 pukul 00.00, telah terjadi kenaikan harga Elpiji non subsidi kemasan 12 kg. Oleh Pertamina, sebagai aksi korporasi perusahaan, harga LPG 12 kilogram yang semula Rp 75 ribu-Rp 80 ribu naik menjadi Rp 120 ribu- Rp 130 ribu. 

Karena adanya kenaikan LPG 12 kilogram itu sempat menjadikan masyarakat umum kalang kabut. Dan pada saat seperti itulah “tiba-tiba”, sekonyong-konyong muncul dengan apa yang dinamakan Bright Gas. Kemunculan Bright Gas sebagai alternatif lain dari LPG 12 kilogram bagi masyarakat perkotaan – terutama bagi yang kelas menengah ke atas – mungkin bukanlah merupakan hal yang baru. 

Tetapi bagi masyarakat awam , terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil, masih terasa agak membingungkan. Banyak sekali pertanyaan yang timbul. 
Apakah yang dimaksud dengan Bright Gas Itu ? 
Apakah Bright Gas adalah sebagai pengganti LPG 12 kilogram ? 
Apakah beda Bright Gas Dengan LPG 12 kilogram biasa ? 
Apa keunggulan Bright Gas ? 
Apakah lebih irit ? 
Apakah Lebih besar nyala apinya ? 
Apakah lebih murah ? Berapakah harganya ? 
Dan mungkin seabrek pertanyaan lainnya. 

Yang perlu diketahui oleh masyarakat umum tentang beberapa informasi penting dari Bright Gas adalah bahwa Bright Gas sebenarnya tidak muncul sekonyong-konyong atau dimunculkan untuk menggantikan elpiji 12 kilogram. 

Bright gas sebenarnya juga merupakan salah satu produk gas untuk memasak yang telah dikeluarkan oleh PERTAMINA pada waktu yang cukup lama. Hanya saja, selama ini Bright Gas memang jarang ditemui secara umum di pasaran. Sebab Bright gas adalah produk gas PERTAMINA untuk kebutuhan kelas yang lebih tinggi ( mengah ke atas ). Seperti adanya Premium dan Pertamax pada bahan bakar cair. Demikian pula dengan Bright Gas, ia adalah Pertamax-nya produk gas pertamina. 
Bahkan disamping Bright gas sebenarnya masih ada satu lagi produk premium lainnya, yaitu Ease Gas. 

Apakah perbedaan antara Bright Gas dengan LPG 12 kilogram ? 

Secara prinsip tidak ada perbedaan dalam kandungan kedua gas tersebut. Semua gas yang digunakan untuk memasak sama sama mengandung C3 (propane) dan C4 (butane). Dan Bright gas juga beratnya 12 kilogram. Jadi ketika digunakan untuk memasak, baik bright gas ataupun LPG 12 kilogram,  warna nyala api, maupun jumlah konsumsi per satuannya adalah sama. 

Satu hal mencolok yang membedakannya adalah LPG 12 kilogram masih disubsidi PERTAMINA. Sedangkan Bright Gas tidak. Itulah sebabnya harga Bright Gas lebih mahal. 
Perbedaan lainnya hanyalah terletak pada kualitas pelayanannya ( karena lebih mahal ) dan warna tabung yang digunakan.

Jika Bright Gas tidak dimaksudkan untuk menggantikan LPG 12 kilogram, mengapa saat ini mulai menyerbu dan makin marak di pasaran ? 
Bahkan sampai kemarin dikabarkan jika PERTAMINA masih melakukan kebijakan proses penukaran tabung LPG 12 kilogram menjadi tabung Bright Gas yang dilayani secara gratis. 

informasi tentang bright gas
Tentang Bright Gas

Makin maraknya Bright Gas tidak lepas dari naiknya harga LPG 12 kilogram menjadi Rp 120 ribu- Rp 130 ribu per tabung. 
Sedangkan harga resmi Bright Gas adalah Rp.115.000 pertabung. 
Jadi pada saat ini, jika dihitung-hitung lebih irit ( murah ) Bright gas. 
Terlebih lagi ada beberapa keuntungan lainnya ketika menggunakan Bright Gas ( saat ini ), diantaranya : 
• Memiliki pilihan Warna tabung kemasan yang lebih menarik. 
Saat ini Bright Gas tersedia dalam 4 pilihan warna : Pink, Ungu, Hijau Metalik, Biru Metalik 
• Bright Gas Memiliki karet pelindung tahan benturan pada tabung 
• Mempunyai Security Seal Cap/penutup tabung yang lebih aman bila dibandingkan tabung biasa karena menggunakan teknologi double spindle 
• Dapat dipesan melalui telepon 500-000 ( dengan biaya antar Rp 5.000) 
• Ukuran 12 kg 

Jadi mengingat harga yang relatif hampir sama ( atau sedikit lebih murah ) ditambah dengan beberapa keuntungan lainnya, maka pada saat ini mulai banyak konsumen yang beralih ke Bright Gas. Dan sebagaimana dilangsir dari sumber terpercaya, saat ini Bright gas juga sudah mulai dikembangkan pemasarannya di daerah lain di luar Jabodetabek. 
Seperti Semarang, Yogyakarta, Medan, Batam, Palembang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makasar. Dengan harga ( resmi ) saat ini per tabung 12 kg adalah Rp 115.000 di lokasi penjualan. 
Sedangkan jika minta diantar ke rumah tambah ongkos kirim sebesar Rp 5.000 per pengantaran. 

Apakah Harga Bright Gas Juga akan Naik ? 

Menurut Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, mengatakan karena kenaikan harga elpiji direvisi hanya Rp 1.000 per kg, maka Pertamina tidak menaikkan harga. 
"Bright Gas ini produk premium, untuk kalangan menengah atas, awalnya akan dikaji harganya dinaikkan karena kenaikan harga elpiji Rp 3.959 per kg, namun karena kenaikan direvisi hanya Rp 1.000 per kg, maka harga Bright Gas tetap, saat ini Rp 115.000 per tabung," tutupnya. 

Jadi ketika serbuan Bright Gas sudah sampai di kota anda, tidak usah bingung lagi. Sebab anda sudah mempunyai informasi tentangnya.
Bahkan mengingat harga dan kelebihan fitur serta pelayanannya tidak ada salah jika anda juga mencobanya. 

Sebaiknya simak juga :

Share this:

Disqus Comments