Bagaimana Cara Memasang Lagu Yang Memutar Otomatis Di Blog

Bagaimana Cara Memasang Lagu Yang Memutar Otomatis Di Blog


Beberapa waktu lalu ada teman yang bertanya, bagaimana cara memasang lagu yang bisa memutar secara otomatis begitu blog dibuka

Bagi pengunjung, bisa mendengarkan lagu ketika mereka menjelajahi sebuah blog memang terasa menyenangkan, terlebih jika lagu yang diputar memang cocok dengan seleranya. 

Dan bagi pemilik blog, ini merupakan salah satu cara agar para pengunjung di blognya merasa kerasan.Jadi ini juga bisa digunakan sebagai salah satu trik untuk menarik pengunjung. 

Meski memasang lagu pada blog merupakan salah satu cara untuk menarik pengunjung, dengan berbagai pertimbangan saya sendiri tidak memasangnya di blog. 
Salah satu pertimbangan utamanya adalah, dengan memasang lagu di blog akan menyebabkan loading sebuah blog akan menjadi lebih berat dan lebih lama. Jadi hal ini juga harus menjadi bahan pertimbangan juga. 

Namun jika memang sudah mantap ingin memasang lagu yang memutar secara otomatis begitu blog dibuka, langkah-langkah berikut di bawah ini adalah salah satu caranya. 

Pilih lagu yang sesuai
Apa maksud dari sesuai ? 
Boleh saja memasang lagu yang anda sukai, ataupun lagu-lagu yang sedang menjadi hits. Namun akan lebih baik lagi jika lagu yang akan dipasang ini “sejalan” dengan topik dan isi blog. 
Sebagai misal, jika blog membahas tentang masalah wanita atau kesehatan, tentu kurang cocok jika lagu yang diputar dari jenis aliran musik cadas atau metal. 
Untuk blog dengan topik jenis ini mungkin akan lebih sesuai jika lagu yang diputar berirama romantis atau menenangkan. 

Pilih layanan penyedia lagu yang terbaik 
Memasang lagu di blog biasanya menggunakan layanan dari pihak ketiga. Sebab blogger sendiri sepertinya belum menyediakan widget ini. 
Banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan seperti ini. 
Namun sebaiknya pilihlah yang benar-benar terbaik. Yaitu dengan mempertimbangkan kecepatan loadingnya, servernya yang tidak sering terputus, stock lagu yang disediakan, juga opsi atau pilihan yang diberikan ( misal, adanya tombol play, pause atau stop, sehingga jika pengunjung kurang menyukai lagunya, mereka bisa dapat langsung menghentikannya ). 

Cara memasangnya di blogger 
- Masuk ke akun blogger 
- Masuk ke tata letak atau elemen laman 
- Klik tambah widget baru 
- Tambahkan HTML 
- beri nama judul ( boleh juga tidak ) 
- Copy pastekan script berikut :

<embed allowscriptaccess="never" type="application/x-shockwave-flash" src="alamat url dari lagu yang akan diputar" width="300" height="150" flashvars="autostart=true"> 

Keterangan
- Alamat url lagu yang di download bisa dipilih sendiri, dari layanan situs mana atau lagu apa Sebagai contoh url nya seperti ini : http://www.4shared.com/embed/114607526/6d6b4e26 url lagu ini meggunakan layanan dari situs www.4shared.com.
- Width dan height adalah dimensi player yang akan muncul di blog, rubah atau sesuaikan dengan posisinya di blog anda 
- Autostart=true berarti lagu akan memutar secara otomatis begitu blog dibuka. 
Jika menginginkan tidak secara otomatis, ganti true dengan false. 
- Klik SAVE 
- Letakkan widget tersebut di posisi yang anda suka, misal di sidebar dan sebagainya. 

Catatan
 -Embed url lagu pada contoh di atas meggunakan layanan dari situs www.4shared.com. 
Beberapa kelebihan dari layanan ini adalah loadingnya yang lumayan cepat, stock dan pilihan lagu yang cukup banyak serta adanya opsi yang cukup menarik. Untuk mendapatkannya anda harus sign in terlebih dulu.
- Namun demikian bisa juga digunakan layanan download lagu sejenis dari situs terbaik lainnya :

Dan bila anda termasuk penggila gadget : 12 Situs Penyedia Ggadget Terkeren

Share this:

Disqus Comments