-->

Tips Dasar Fengshui Untuk Membuat Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur

Kepercayaan, minat dan selera masyarakat Indonesia akan tata letak dan design konstruksi rumah telah bergeser dan berubah dari waktu ke waktu.
Sebagai contoh mudah adalah kamar mandi misalnya. Pada jaman dulu, tata letak dan design dari kamar mandi selalu berada terpisah dari bangunan utama.
Masyarakat di berbagai wilayah di Jawa bahkan “selalu” meletakkan posisi kamar mandi –biasanya- di pekarangan depan dan terpisah dari bangunan utama.

Pada perkembangan selanjutnya, dikarenakan lahan yang semakin sempit, kamar mandi diletakkan “menempel”. Disamping rumah atau di belakang rumah. Selanjutnya, kamar mandi ini kemudian “masuk” ke dalam rumah, namun umumnya masih menjadi bagian dari dapur atau bagian dari belakang rumah.

Gencarnya arus globalisasi, pada akhirnya juga berpengaruh terhadap tata letak kamar mandi. Pada saat ini, pada bangunan-bangunan rumah yang dianggap modern, posisi baku kamar mandi seolah-olah tidak diperhitungkan lagi. Dimana pemilik rumah suka, di situ ia akan meletakkan posisi kamar mandi.

Dan mengadopsi dari bangunan-bangunan hotel, kamar mandi saat ini sudah banyak yang dibanguan dan diletakkan di dalam kamar tidur.
Bahkan menurut salah satu survey, konon tidak kurang dari 85 % para pemilik rumah ( baru ) menginginkan agar bisa memiliki kamar mandi di dalam kamar tidurnya.

Pemilihan tata letak kamar mandi oleh masyarakat jaman dulu, yang selalu memposisikan kamar mandi terpisah dari bangunan utama sebenarnya mempunyai alasan yang kuat dan baik.
Sebab bagaimanapun juga, sebersih apapun, sebuah kamar mandi selalu berhubungan dengan “sesuatu yang kotor”, air kotor atau kotoran.
Sehingga akan “saru” jika kamar mandi harus diletakkan di dalam rumah atau bangunan utama.

Kepercayaan masyarakat Jawa ini sebenarnya juga diperkuat oleh kepercayaan budaya Cina. Menurut ilmu Feng Shui kamar mandi memang selalu dipenuhi dengan energi “Yin”. Sehingga seharusnya juga diletakkan pada sektor yang buruk.
Meski pada sebagian orang beranggapan bahwa hal tersebut hanyalah sebuah kepercayaan saja, namun patut disadari juga bahwa kamar mandi memang tetap membawa suatu pengaruh terhadap sebuah keluarga. Pengaruh yang umum adalah faktor kesehatan misalnya. Belum lagi faktor estetika.

Apapun kepercayaan anda, mempertimbangkan hal tersebut di atas, tentu tidak ada salahnya jika setidaknya mengetahui beberapa prinsip Feng Shui seandainya memang menginginkan memiliki sebuah kamar mandi di dalam kamar tidur ini.
Sebab pada prinsipnya feng shui mensyaratkan sektor yang baik ditempatkan pada ruangan yang memiliki energi positif.

Tips Dasar Fengshui Untuk Membuat Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur ini mungkin bisa membantu untuk mendapatkan kamar mandi yang memiliki aura postifif ( sehat ) juga enak dipandang mata.

Caranya :

Memaksimalkan ventilasi
Usahakan untuk bisa memberikan ventilasi udara yang sebanyak mungkin ke dalam ruangan kamar mandi / toilet. Tujuannya agar sirkulasi udara menjadi baik sehingga kamar mandi tidak pengap dan terasa segar. Bahkan bila memungkinkan akan lebih baik jika digunakan jendela-jendela yang cukup lebar untuk menghubungkan dengan udara luar.
Jika kamar mandi terletak letaknya di lantai dasar, pintu penghubung atau jendelanya dapat dibuat lebih besar atau dengan semacam krepyak. Sedangkan bila kamar mandi berada di lantai atas, ventilasi bisa dibuat di atapnya.

Memaksimalkan masuknya sinar matahari
Usahakan agar sinar matahari sebanyak mungkin yang masuk ke dalam kamar mandi, baik itu langsung maupun tidak langsung. Cahaya matahari akan membuat kamar mandi lebih tampak terang dan tidak pengap.

Gunakan bahan-bahan yang berwarna cerah
Tips selanjutnya adalah gunakan bahan yang berwarna cerah. Hindari warna-warna yang cenderung tua atau gelap. Ingat, warna cat yang cerah akan memberi kesan luas dan terang. Sedang warna tua atau gelap akan memberi kesan sempit dan pengap.
Dan konon, menurut Fengshui kondisi kamar mandi yang terang dan cerah akan mengurangi hawa Yin di dalamnya.

Tambahkan tanaman kecil dalam pot
Tanaman- tanaman kecil dalam pot bisa memberikan kesan alam bebas, sehingga kamar mandi terasa lebih hidup. Tiduk melulu dikelilingi oleh tembok-tembok yang dingin.

Tetap jaga kebersihan
Secanggih dan sehebat design dan konstruksi kamar mandi anda, jika masalah kebersihan tidak dipelihara dan dijaga dengan baik, sama saja bohong.
Harap diingat, bagaimanapun, kamar mandi adalah “tempat kotoran”. Jadi jangan biarkan barang-barang berserakan di dalam kamar mandi.
Handuk, pakaian kotor, sandal, sikat gigi, atau sabun yang ditempatkan dengan tidak teratur akan membuat suasana kamar mandi menjadi kotor dan terkesan penuh. Selalu bersihkan.
Memberikan aroma wewangian dalam kamar mandi juga akan sangat membantu.

You may like these posts