7 Trik Membuat Pintu Penghubung Unik

7 Trik Membuat Pintu Penghubung Unik

7 Trik Membuat Pintu Penghubung Unik
Sebuah daun pintu umumnya dibuat memang dimaksudkan sebagai tempat lalu lintas, atau keluar masuk. Sehingga berarti pula, sebuah pintu pada dasarnya selalu menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lain di balik daun pintu di rumah anda. Sehingga pintu biasanya dibuat dan diletakkan pada posisi yang strategis dan mudah terjangkau. Dan sering kali dibuat dengan cukup lebar dan cukup mencolok di banding dengan sekitarnya. 

Namun jika berbicara mengenai pintu penghubung ( connection door ), tentu sudah lain lagi maksudnya. Karena meskipun ini juga sama-sama sebuah pintu, tetapi sebuah pintu penghubung biasanya dibuat dengan maksud, tujuan dan pertimbangan khusus. Misalnya, pintu penghubung antara kamar anak dengan kamar otang tua sebagai contohnya. 

Karena dibuat dengan tujuan khusus, terkadang pintu penghubung ini sengaja dibuat dengan bentuk dan posisi yang lain dengan pintu-pintu biasanya. Dan pada beberapa orang, pintu seperti ini terkadang dibuat sebagai pintu yang tersamarkan, seolah-olah sebagai sebuah “jalan rahasia”. 

Nah, jika anda termasuk salah satu orang yang menyukai hal-hal seperti ini, mungkin dapat mempertimbangkan membuat sebuah pintu dengan 7 trik membuat pintu penghubung yang unik di bawah ini : 

1. Meletakkan pintu penghubung antara lemari tas dan meja belajar 
Dengan pintu penghubung seperti ini, apabila dilihat dari kamar orang tua, maka ia akan terlihat sebagai bagian dari lemari dinding, karena daun pintunya memang dibuat mirip dengan pintu lemari. Sedangkan jika dilihat dari kamar anak, ia akan terlihat sebagai bagian meja belajar, karena dirancang menyatu dengan meja dan lemari belajar yang cukup besar. 

2. Pintu penghubung yang menyerupai dinding 
Pintu penghubung seperti ini dapat diletakkan pada ruangan yang berperabotan minim. Caranya, dengan membuat tampilannya menyerupai dinding sekitarnya. Hindari penggunaan kusen dan engsel pintu yang mencolok. Lapisi juga permukaan daun pintu dengan plastik atau memilih warna cat yang sewarna dengan dinding sekitarnya. Bahkan jika perlu gantungkan juga jam dinding di atasnya. 

3. Pintu penghubung yang menyerupai jendela 
Untuk menyamarkan, pintu penghubung juga dapat dibuat mirip dengan sebuah jendela, yang agak panjang. Gunakan kaca gelap atau kaca es padanya, kalau perlu hiasi juga dengan gorden. Namun resikonya anda harus sedikit melompat jika mau memasukinya. 

4. Meletakkan pintu penghubung dibalik cermin 
Meletakkan pintu penghubung di balik kaca cermin boleh dikata sebagai trik klasik. Caranya dengan memasang kaca cermin yang menutupi seluruh daun pintunya. Untuk menguatkan kesan cerminnya, gantungkan juga kapstok di sebelahnya. Dengan pintu seperti ini seolah – olah anda berada di dua dunia. 

5. Pintu penghubung di balik rak dinding 
Pintu penghubung yang seperti ini akan susah terlihat dan benar-benar samar sekali. Karena pintu ini menyatu dengan rak dinding, sehingga terlihat sebagai bagian utuh dari sebuah rak dinding. Rak dinding untuk tujuan ini biasanya rak dinding untuk buku, Sehingga umumnya rak dinding ini dibuat cukup tipis untuk memudahkan keluar masuknya. 

6. Pintu di bawah karpet 
Pintu di bawah seperti ini memang sebuah kejutan. Benar-benar sebuah ruangan rahasia. Hanya saja pintu semacam ini baru bisa dibuat jika ruangan anda berupa loteng bertingkat. 

7. Pintu kecil dalam kamar mandi 
Dengan menempatkan pintu penghubung dalam kamar mandi maka tidak akan ada orang yang menduganya. Sehingga seolah-olah memasuki dunia yang penuh rahasia. Namun jika memilih trik ini harus diperhatikan bahan dan keawetannya.

Nah, siapa mau mencoba ? Atau anda masih mempunyai trik yang unik lainnya ?

Share this:

Disqus Comments