-->

Hati-Hati ! Tanaman Ini Bisa Merenggut Nyawa Anda

Banyak sekali berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekitar kita. Entah itu tanaman pekarangan atau pohon penghijauan. Banyak diantaranya yang bisa dimanfaatkan dan berguna untuk keperluan keseharian manusia. Namun, ada juga beberapa tanaman yang berbahaya bagi jiwa.
Terkadang, karena kurang hati-hati, kurang informasi atau kekurangtahuan, tanpa disadari, anda justru “bermain-main” dengan tanaman yang kelihatannya cantik, namun ternyata bisa merenggut nyawa anda atau nyawa keluarga anda.

Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, berikut ini adalah sedikit informasi yang mungkin berguna tentang beberapa tanaman beracun yang bisa merenggut nyawa.

Antiaris Toxiaca atau Pohon Upas

Tanaman ini ada di sekitar kita. Ini adalah tanaman Indonesia.
Pohon Upas ini sudah sangat terkenal keganasannya. Masyarakat tradisional kita sudah sangat mengenalnya. Bahkan dalam buku Loves of The Plants karya Erasmus Darwin sudah menceritakan keganasan pohon ini.
Dalam buku Darwin tersebut diceritakan untuk mengeksekusi para penjahat hanya disuruh berdiri saja di bawah pohon upas menunggu angin lewat. Dan ketika angin telah menerpanya, dari dua puluh tahahan hanya dua orang tahanan yang selamat.
Bahkan ada rumor, burungpun akan jatuh dan mati jika berani bertenger di rantingnya.
Konon, ketika tentara Portugis di bawah komando Alfonso d’Alberquerque menyerbu Malaka 1511, hampir semua tentara yang dibawanya ludes terbunuh. Oleh panah beracun pohon upas.
Nasib yang sama dialami oleh tentara Belanda pada abad 17.

Ricinus Communis atau Pohon Jarak

Senyawa jarak yang beracun adalah ricin. Dapat ditemukan pada bijinya yang berwarna coklat mengkilat dengan bercak hitam. ( Sering dibuat mainan anak sebagai manil-manik, dan saat ini digalakkan untuki Bio Diesel )
Pada tahun 1978 seorang agen rahasia Bulgaria menggunakan racun ricin untuk melakukan pembunuhan yang cerdik. Dengan berpura-pura tidak sengaja, ia menusukkan ujung payung yang telah dioles dengan ricin. Setelah itu ia segera minta maaf dan langsung pergi, seperti kejadian biasa. Empat hari sesudahnya korbannya meninggal.
Dokter tidak bisa memastikan sebab kematiannya. Hanya menemukan bekas tusukan kecil pada kulit yang seolah tidak berbahaya.
Tapi ternyata pada bekas luka ditemukan ricin dari jarak yang membawa kematiannya.

Derris Eliptica atau Akar Jenu

Masyarakat di desa-desa masih menggunakannya. Akar jenu ditumbuk halus, dimasukkan dalam sungai atau danau. Maka dalam hitungan sesaat ikan-ikan akan terkapar di permukaaan airnya.

Manihot Esculenta atau Ketela Pohon

Ketela pohon secara alami mengandung Sianida. Salah satu racun yang paling kuat dan mematikan.
Pada beberapa varietas ketela pohon konsentrasinya sangat tinggi. Untuk itu sebaiknya hati-hati ketika memilih dan mengkonsumsi daun ketela pohon. Dengan cara direbus sampai benar-benar mendidih dan air rebusannya harus dibuang.

Nerium Oleander atau Oleander

Oleander ini pernah digunakan oleh laskar Persia dalam menahan serbuan Alexander Agung. Dengan meletakkan daun Oleander di sumber mata air membuat kuda dan pasukan Alexander Agung menjadi korban mautnya.

Hyosyamus Niger atau Henbane

Dalam cerita Hamlet yang terkenal, ayah Hamlet mati “hanya” karena dituangi cairan Henbane di telinganya. Henbane ini juga digunakan pada pembunuhan yang begitu terkenal, dilakukan Dr.Hawley Harvey Cripen, kepada istrinya yang merongrong kekayaannya.

Atropa Belladona atau Belladona atau Beautifful Lady

Cantik namanya, hebat keganasannya. Disebut “ beautiful lady” karena bunganya yang sangat cantik. Dulunya para wanita kelas atas jaman Roma dan Yunani menggunakan getahnya untuk memperbesar pupil mata sehingga tampak indah tatapannya.
Beautiful Lady ini sangat terkenal dalam naskah legendaris, Romeo dan Yuliet. Dimana Juliet minum cairan Belladona untuk mengelabui orang tuanya supaya “ tampak mati”.
( Pada dosis yang tepat Belladona bisa berdampak “ tampak mati “, tetapi pada dosis yang lebih tinggi maka akan benar-benar mati ).

Conicum Maculatum atau Hemlock

Mirip dengan wortel bentuknya. Hemlock berwarna ungu nan cantik. Bahkan begitu cantiknya, tanaman ini digunakan sebagai penghias.
Namun begitu terminum, racunnya bekerja sangat cepat. Merangsang muntah, lalu diikuti sakit perut, kelumpuhan otot dan serasa melayang, meracau dan akhirnya …………mati lemas.

You may like these posts