-->

Mau Beli Laptop Baru ? Agar Tidak Menyesal, Wajib Tahu Triknya Berikut Ini

Apakah anda sedang merencanakan membeli laptop baru. Atau bahkan sedang dalam tahap memilih untuk membeli. Tetapi anda sedikit bingung karena kebetulan awam tentang masalah laptop dan hal yang berkaitan dengannya. Sedangkan anda tidak ingin kecewa di belakang harinya.
Artikel berikut ini semoga akan memberi informasi yang anda butuhkan secara singkat namun jelas, sehingga anda dapat dengan yakin memutuskan untuk memilih dan membeli laptop yang sesuai dengan yang anda kehendaki :


1. Dapatkan informasi
Informasi sekecil apapun akan sangat membantu penentuan keputusan anda, terlebih jika anda kebetulan masih awam. Anda dapat mendapatkan informasi ini baik secara online, surat kabar, majalah atau media lainnya.

2. Sesuaikan dengan anggaran
Berapa anggaran yang anda punya ?
Besarnya anggaran tentu saja akan mempengaruhi jenis dan spesifikasi laptop yang akan dipilih.

3. Pilih laptop sesuai kebutuhan penggunaan
Kebutuhan penggunaan laptop yang berbeda akan memberi pilihan laptop yang berbeda pula.
Sebagai contoh, jika anda menginginkan laptop yang akan digunakan untuk banyak bermain game maka pilih laptop dengan 3 – 4 GB.
Sedangkan jika laptop nantinya banyak digunakan untuk banyak melakukan download pilihlah yang mempunyai hardrive besar

4. Batasi pilihan dan lakukan perbandingan
Jika telah melakukan langkah di atas, selanjutnya batasi pilihan. Fokuskan pada kriteria, lalu lakukan perbandingan. Tandai dan bandingkan pada berbagai merk tentang kualitas, kekurangan masing-masing, periksa sistem operasinya, perangkat lunaknya dan sebagainya..
Jika hampir sepenuhnya serupa, pilihlah yang yang lebih murah!

5. Sebagai langkah praktis gunakan daftar berikut ini :


Processor.
Processor merupakan pusat pengolah atau otak dari komputer. Processor bisanya diukur dalam gigahertz. Jika akan menggunakan laptop untuk pengolah gambar dan video yang berat, atau lain tugas lain yang hamper serupa maka pilihlah laptop dengan processor yang mempunyai gigahertz besar.
Namun jika penggunaan laptop / komputer hanya untuk tugas rumah dengan perintah program berbasis dasar ( words, excel, dsb ), maka untuk menghemat uang, pilih saja laptop atau computer dengan processor yang mempunyai gigahertz lebih rendah.
Kebanyakan processor saat ini adalah " multiple core." Yang berarti mereka mampu menangani dan memproses lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan.

RAM.
RAM adalah memori virtual. RAM diukur dalam gigabytes. RAM menyediakan kekuatan dan tenaga untuk menjalankan program pada kecepatan tinggi.
Semakin besar RAM, maka akan semakin cepat computer atau laptop. Jika merencanakan menggunakan computer untuk mengolah gambar dan video yang berat, game dan sejenisnya usahakan memilih laptop / computer dengan RAM sekitar 6-8 gigabytes.
Tetapi jika merencanakan menggunakan komputer untuk tugas rumah sederhana, seperti pengolah kata ( words ) dan sejenisnya, menyaksikan film DVD, pilih saja computer / laptop dengan RAM yang besarnya sekitar 2-4 gigabytes.
Anda bisa lihat juga Cara Praktis Mempercepat Laptop

Hard Drive ( HDD).
Hard Drive atau HDD, adalah tempat di mana computer laptop menyimpan semua hal yang telah dibuat atau dilakukan. Hard Drive merupakan tempat penyimpan utama ( ibaratkan lemari atau brankas ) Hard drive diukur gigabytes juga. Jika computer / laptop akan digunakan untuk tugas normal, seperti pengolah kata, menggunakan hard drive 200-260 GIGABYTE HDD sudah bagus, tetapi jika untuk pengolah gambar dan video, pilihlah harda drive sekitar 400-500 gigabyte HDD.

Lihat juga :
Cara Praktis UpGrade Memory Laptop

Terminologi Singkatan untuk laptop sebagai berikut:
Gigahertz: GHZ
Gigabytes: GB

You may like these posts