-->

Tips Mengatasi Ban Bergelombang Dan Bersuara

Seringkali , masalah ban akan terjadi pada menit-menit pertama ketika Anda mulai menghidupkan mobil dan turun ke jalan raya.

Utamanya jika mobil sebelumnya hanya di parkir di garasi dan tidak dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.Biasanya ban akan terasa bergelombang dan terdengar suara memukul berirama.
Umumnya beranggapan bahwa hal tersebut dikarenakan karena jalan aspal yang kasar atau bergelombang. Namun sebenarnya hal ini adalah karena kondisi ban itu sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ban terasa bergelombang dan timbul suara memukul berirama ketika dipakai di jalan :

Dari konstruksi dan pabrikasi ban

Ban dan rims sangat jarang seimbang sempurna. Perbedaan kecil dalam materi ketebalan, mesin dan curing pada karet biasanya akan membuat satu sisi roda / ban sedikit lebih berat dari yang lain.
Ketika ayunan sisi berat ke bawah, itu bertindak seperti palu, yang pada kecepatan tinggi, akan berubah menjadi palu bor yang terus-menerus memantulkan ban naik dan turun.

Ketidakseimbangan ban cenderung muncul pada kecepatan menengah - sekitar 20 sampai 40 km/jam - dan semakin buruk pada kecepatan yang lebih tinggi.
Jika memang penyebab bergelombang adalah bawaan pabrik maka dapat dilakukan balancing, yaitu dengan menambah suatu bobot kecil yang digunakan untuk mengimbangi ketidakseimbangan roda.

Tonjolan dan gelembung

Sebuah tonjolan pada ban biasanya akan menyebabkan terjadinya gelombang dan suara. Dan umumnya tonjolan umumnya memberikan akibat yang lebih buruk jika dibanding terjadinya spot datar.
Masalah tonjolan pada ban biasanya terjadi ketika satu atau lebih dari bagian yang memperkuat ban hampir ( jawa : njepret ) atau terpisah dari lapisannya, menyebabkan adanya gelembung terbentuk pada tapak.

Ketika gelembung turun, akan mendorong ban ke atas.
Dan Ini adalah salah satu cacat ban yang akan muncul pada kecepatan sangat rendah, hampir segera setelah Anda mulai bergerak.
Getaran gelombang dari gelembung biasanya menjadi lebih buruk dengan cepat, Jika ban telah terdapat tonjolan atau gelembung, satu-satunya cara untuk mengatasi adalah dengan menggantinya. Karena meski secara teknis ban ini masih bisa dipakai, tetapi akan terasa sangat tidak nyaman.

Spots datar

Yang dimaksud dengan spot datar adalah permukaan ban yang mengalami kondisi statis ( berbentuk seperti mendatar ) hanya pada satu tempat.
Hal ini umumnya terjadi jika mobil hanya diparkir dan tidak dijalankan pada waktu yang lama. Ban akan mengembangkan bintik-bintik datar karena hanya “ duduk” di satu tempat dalam waktu lama, terjadi ketika sabuk nilon dingin menyebabkan tempat datar sementara.

Gejala ini akan langsung terasa ketika mobil mulai dijalankan.
Yaitu ban menjadi sangat bergelombang dan berbunyi berirama cukup keras. Biasanya disebut dengan"morning sickness", karena seringnya terjadi di waktu pagi hari. Biasanya gejala ini akan hilang sendirinya jika sudah berjalan cukup lama dan ban suhunya suduh cukup hangat.

Namun jika mobil telah diparkir dalam waktu berbulan-bulan, tentu butuh waktu yang lebih lama.
Makanya biasanya disarankan jika mobil akan diparkir dalam waktu yang lama ( berbulan-bulan ), disarankan untuk memarkirnya pada dongkrak penahan, bukan pada roda dan permukaan ban.

Masalah lain

Masalah lain penyebab ban bergelombang dan suara pukulan berirama pada ban dapat disebabkan ketidak beresan system kemudi dan penunjangnya, misal karena ketidak beresan dan kerusakan pada ball joint, bushing suspensi dapat menyebabkan ban untuk berosilasi bolak-balik, menyebabkan goyangan yang dapat bermanifestasi sebagai dentuman ban.
Kelongggaran pada bearing, rusak shock juga dapat menyebabkan hal serupa.
Untuk masalah ban hal lainnya, anda dapat melihat disini :
> Cara Membeli Ban Mobil

You may like these posts